nhk

Tips Motor: 7 Sebab Roda Dan Ban Oleng, Dipersembakan Oleh FDR

FDR bAN

 ManiakMotor – FDR memberi tips nih, soal 7 sebab ban oleng yang sebenarnya rodanya yang oleng. Karena roda satu kesatuan dengan ban, maka bisa disebut ban oleng juga.

Yang pertama memang disebab kan oleh pemasang ban yang tidak tepat. Bibir ban saat dipasang tidak segaris dengan tatakannya pada pelek. “Itu yang disebut rime line tidak pas ketika dipasang, maka ban tidak akan rata bundarnya,” kata  Totok Hariyanto dari Staff Promotion Analysist PT Suryaraya Ruberindo (SRI) produsen FDR.

Yang kedua peleknya sendiri  yang peyang. Kalau sudah begitu, peleknya yang diganti, bukan bannya. Bisa juga setelan jari-jari pelek sudah pada kendur membuat peleknya oleng. Ini cukup jari-jarinya yang disetel. Ketiga, tekanan sokbreker yang tidak merata. Maksudnya sokbrekernya rusak tidak meredam kejut lagi, sehingga tekanannya hanya mengandalkan per dan kompresinya sudah hilang.

Keempat  tekanan angin yang kurang, maksudnya kempes sehingga kompon ban tidak bundar juga menjejak aspal, ya oleng juga. Kelima, walau semua dalam kondisi benar, tapi saat menginjak marka jalan seperti oleng, itu pengaruh ban juga. Tapi maaf ya, bukan ban FDR. Gejala itu sama saja kehilangan kontak dengan landasan.

Keenam, roda depan dan belakang tidak centre atau kata orang lari anjing. Keduanya tidak persis di tengah. Ketujuh, laher roda yang longgar atau bisa juga pecah, pastilah oblak dan membuat roda oleng. Itu yang terakhir, tapi masih ada yang kedelan dari maniakmotor, bannya sudah botak mas, ya ganti dengan FDR, hehe. MM

 

BAGIKAN