nhk

Tips Motor; Agar Celana Jeans/Jins Awet Buat Pengendara Motor

ManiakMotor – Semua biker pasti punya jeans atau jins alias kain denim, tapi bukan blue jeans warnanya hitam, hehe. Yakin deh, jins sudah bagian dari mengendara. Namanya naik motor, debu, asap knalpot seperti Jakarta dari segala arah yang mudah menempel pada kain denim yang memang doyan menyerap debu.

Apalagi bila jins sudah setengah pakai, langsung kelihatan tuh daki pada lipatan-lipatannya. Maka jins kerap dicuci. Dari situlah biang cepat rusaknya jins bila asal cuci, nggak peduli yang mahal. Nah yang mahal saja bermasalah, apalagi jins murah.

Tapi tenang, Adhika Danan Pratama yang memang bergerak di bidang jins punya caranya. Katanya   yang diperhatikan tata cara mencuci. Pastikan membalik jins alias bagian dalam jadi di luar. Saat dicuci jins dipisah dengan cucian lain. “Dibalik dan dipisah ini, hal sepele tapi penting tuh bro,” buka Pria yang akrab disapa Danang, owner Dan’s Brain Jeans di Jalan Kemang 1 No. 11, Jaksel.

Bila dicuci menggunakan mesin sebaiknya dikancing dan diresleting supaya bentuknya tidak berubah. Tujuannya, kacing tidak terkait-kait dan ditarik-tarik pada baling-baling mesin cuci. Mesin cuci yang mahal sih ada air panas, gunakan sikit pemanas airnya, agar kotoran cepat hilang. Bisa Juga ditambah air yang dicampur dengan cuka bro. Ya cukanya satu sendok makan, untuk merendamnya sebelum mencuci. Cuka ini bisa mempertahankan warnanya.

Sepele juga, bila sering dikeringkan dengan pemeras mesin cuci, benang-benang jins akan lemas, kusut dan malah menyusut kehilangan bentuknya. “Langkah bijaksana dijemur alamiah, tepat di mana sinar matahari sinarnya diagonal,” jelas Andhika yang lulusan Bina Nusantara sembari bilang saat dijemur bila hujan langsung diangkat, kena hujan saat mengerinng akan bau

Sekarang menyetrika. Jangan ‘digosok’ dalam keadaan lembab, harus kering. Bila lembab, timbul jamur biru yang bisa membuat jeans gampang rusak. Lagian baunya itu loh, khas jins, hehe. Lalu disimpan gantung dengan hanger agar tidak ada bekas lipatan.

Tambahan bila kena noda tinta atau jenis berat lain, langsung digosok dengan alkohol. Tapi alkoholnya jangan diminum. Caranya, ambil kain lap dan basahi dengan alkohol, “Cara menggosoknya pelan-pelan satu arah pada nodanya,” ujar Danang yang merintis usaha dari bawah dan kini punya 4 outlet besar yang tersebar di Jakarta Selatan.

Wah pengusaha sukses, nih. Kalau sudah begini gak perlu lagi takut naik motor kehujanan dan kepanasan dengan celana dan jaket jins. Rud

BACA JUGA

Tips Motor; Pilih Sokbreker, Hati-Hati Abal-Abal

Tips Motor; Memilih Busi, Jangan Asal Kata Toko

Tips Motor: Perhatikan Memilih Helm

BAGIKAN