nhk

Tips Motor; Apa Fungsi Celah Klep? Ini Jawabannya, Brur..!

Tips Motor

ManiakMotor – Bikin repot saja, celah klep setiap periodik harus disetel. Kenapa nggak disatukan saja dengan pelatuk  (rocker arm) atau kem bersama klep? Kenapa juga celah klep antara tipe dan merek motor sering berbeda. Jangan khawatir, ini jawabannya, karena kebanyakan kenapa eh kenapa? Cekidot deh.

Calah dibikin dari sana untuk toleransi antara kem dan klep. Karena sudah ada media penyalurnya yang disebut sepatu klep atau pelatuk tadi, ya keduanya jangan sampai terus bersentuhan. Haram ciuman terus menerus. Karena itu, kem dan klep tidak disatukan dari pabriknya, agar nggak repot atur celah klep, ya nggak mungkin dong. Bila begitu, klep ikut berputar bersama kem, bukan turun naik lagi sifatnya, hehe. Itu bodoh-bodohannya. Memang bodoh…

Yang benar, celah klep wajib jadi pembatas terjadinya pemuaian onderdil. Pembatas panas dari ruang bakar disalurkan klep pada komponen lain terutama pelatuk. “Misalnya pelatuk nempel terus dengan klep, nggak ada celah. Panas dari ruang bakar akan menyalur pada pelatuk dan seterunya pada kem dan suku cadang di sekitarnya. Karena sifat klep berhubungan dengan ruang bakar,” jelas Usman Adhi alias Gembleh, kepala mekanik seluruh Tunas Toyota di Indonesia. Wah canggih amat yang menjawabnya ya.  

Makanya bila celah klep terlalu rapat wangi, eh rapat di ruangan, itu meeting. Udah, udah, bila celah kelewat rapat dari anjuran pabrik, motor sampeyan jadi keringatan, malah sampeyan sendiri yang mandi keringat mendorongnya, karena mogok akibat panas, hanya gara-gara celah klep.

“Celah rapat, panas dari batang klep akibat pembakaran akan mejalar ke pelatuk, kem dan lama-lama memanaskan oli. Itu penyebab  over heat,” jelas Ibnu Sambodo, pawang Kawasaki Manual Tech yang kali ini diminta pendapatnya bukan masalah racing, tapi tulisan pengetahuan soal celah klep pada motor.

Produsen tidak mengada-ada untuk dianjurkan setel klep berkala. Celah yang ngaco, buka-tutup klep ikut kacau. Salah satu akibat celah terlalu rapat, pemuaian tadi akan mendorong klep lebih dulu.

Payung klep tidak mendekap lubang masuk dan buang dengan rapat yang bikin ruang bakar bocor, tenaga tepos, eh ngempos dan bensin boros. Nah waspada, BBM mahal. Soal setel menyetel klep tipsnya sudah banyak di portal ini, silakan dipraktekkan untuk siap-siap dipakai jarak jauh.

Perhatikan, rata-rata celah klep buang lebih besar dari isap. Itu ada maksudnya. Sebabnya, klep buang juga disebut klep api. Klep masuk kan dikenal dengan klep minyak, tempat masuknya bahan bakar. Sedang api, ledakan kompresi yang panas itu  akan mengalir ke ruang buang, maka dia lebih panas. Untuk menjaga perubahan bentuk material, amannya celah klep buang dibikin lebih renggang dari masuk.  

Beda lagi bila merenggang dari celah semestinya. Ini tetap ada hubungan dengan panas, akibat bergesernya material dari pemakian. Celah klep renggang, pelatuk akan terlambat mendorong batang klep. Ya, akhirnya berisik. Sama juga tenaga sontoloyo. Gampang kan dimegerti.

Faktor pendinginan mesin juga ngaruh beibeh pada setelan celah. Bila pendinginan mesin bagus klepnya pasti selalu pada setelan sebenarnya. Apalagi pakai radiator, makin mantap. Kompresi bisa presisi, tarikan  menggit, larinya sengit, manuver jadi gesit dan bahan bakar irit.

 

BAGIKAN