nhk

Tips Motor; Apa itu Ban Vulkanisir? Jangan Dipakai, Bahaya..!

 

ManiakMotor – Mahalnya ban baru kadang tergiur ban vulkanisir yang ebih murah bro. Nomong-ngemeng apa sih ban Vulkanisir? Ban vulkanisir adalah ban bekas yang dilapisi ulang permukaannya sehingga dapat kembang seperti baru lagi. Lebih buruk dari kategori asli tapi palsu. Kembanng ban ini hanya tempelan, hanya kelihatannya segar, saat dipakai bahaya.

Kris, assisten kepala Planet Ban Lenteng Agung, menjelaskan, vulkanisir sama artinya nyawa murah buat pengendara di jalan raya.

“Gampang meletus, Vulkanisir hanya tambahan lapisan karet yang diproses pemanasan. Tidak menyatu seperti cetakan ban keluaran pabrik. Tidak tahan panas umumnya ban digunakan, sewaktu-wktu lapisannya copot,” jelas Kris yang tahu seluk-beluk ban, ya namanya juga kerja di toko ban.

Juga ban vulkanisir tidak stabil. Bobot ban jadi berat akibat ditambah lapisanya. Setang setir berat gerakannya. Getaran juga tinggi ketika melaju karena ban tidak balans, juga mudah jendol-jendol. Begitulah, ban sulapan. Bukan hanya itu, akibat ban yang peyang sana-sini dan bobot ban bertambah laher roda kerap jebol.

Kris pun mengatakan, membedakan antara ban vulkanisir dengan ban asli adalah hal mudah. Ya tanpa perlu keahlian khusus. “Dari samping ban vulkanisir  kembangnya  tidak menyatu. Terlihat juga garis tipis seperti karet tempelan yang disatukan. Selain itu, harga ban vulkanisir juga jauh lebih murah dibanding ban baru. Perbedaan harganya bahkan bisa lebih dari 50 persen,” pungkasnya.

Makanya bila ada ban yang bermutu dijual harga miring, nah hati-hjatilah. Juga selagi ada dana, jangan deh dibeli. Rud

BACA JUGA

Tips Motor: Perbedaan Pin Koneksi CDI Satria FU150 Old Dan New Satria FU150

Tips Motor; Melepas Striping/Stiker Pabrik Dengan Cerdik

Tips Motor; Ciri-ciri Oli Yang Cocok Pada Motor

Tips Motor: Beda Angin Nitrogen Dan Biasa, Oke Di Motor..!

 

 

BAGIKAN