nhk

Tips Motor: Arti Tulisan Pada Dinding Ban, Sederhana Dimengerti From FDR..!

 

ManiakMotor –  Sebenarnya hanya dengan melihat grafik pada foto sampeyan sudah mengerti artinya. Ya arti tulisan pada setiap ban yang Mas, Mbak dan kamu beli. Yang perlu dijelaskan sikit adalah persentase tinggi profil ban.

Seperti tertulis pada contoh 130/70. Angka 130 dihitung dengan mili meter (MM) adalah lebar tapak ban. Sedang angka 70 selama ini dianggap tinggi 70 mm, padahal dari FDR hitungan persentase dari lebar tapak. “Artinya tinggi ban  91 mm dari 70 persen lebar tapak yang 130 mm,” jelas Totok dari divi teknik FDR.

Sedang hurf M/C poengertian dari motorcycle yang diartikan ban sepeda motor. Lalu tulisan paling belakang adalah kode kemampuan ban menerima bobot maksimal. Selanjutnya dengan huruf ‘S’ alias speed bila tertulis 200 ya dalam keadaan baru aman digeber sampai 200 km/jam, udah balap tuh, hehe. Tapi kalau sudah setahun pakai ya jangan diartikan begitu lagi, sudah menurun daya tahannya terhadap panas. 

Jangan lupa melihat arah panah pada dinding ban, itu arah rotasi ban. Anak panah ini juga ada di setiap ban yang kembangnya alias pattern dilarang terbalik. MM

BACA JUGA

HRC 2014 Final Semarang: FDR Luncurkan Ukuran Ban Sport MP76 Untuk Motor Matic

Tips Motor: Bikin Alat Tuner Mencoak Rumah Roller Dari Bekas Setang Seher

Tips Motor: Pasang Sendiri Knalpot Aftermarket Yamaha R15, Modal Tiga Kunci!!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353