nhk

Tips Motor: Atasi Baut Bak Oli Sleg Atau Dol

 

ManiakMotor – Di motor mana pun pasti banyak baut. Ya, iyalah. Tapi yang dibicarakan adalah baut  bak pembuangan oli.  Bagian ini yang kerap dol duluan. Apalagi bila oli sering diganti sendiri, torsi memutar bautnya kadang ngaco.

Belum lagi baut ini ada di kolong motor. Ya, kadang baut belum benar-benar lurus dipaksa putar. Masuk sih masuk dan kuat, tapi dibuka berikutnya saat dikencangkan sudah nggak mau. “Selain soal torsi memutar baut, posisi miring, dan sebagainya, wilayah ini panas. Apalagi dibuka saat panas-panas, ya makin cepat dol,” jelas Herman Lo alias Ahon yang saban waktu bengkel bubutnya menerima bak mesin yang dol bautnya.

Bila sudah dol memang hanya tukang bubut obatnya. Di sana akan diperbesar ulir dan ganti baut yang juga lebih besar dari aslinya. Ditambal sih bisa saja, tapi butuh proses lama. Dalam proses itu sampeyan jalan kaki, hehe. Tapi, dua teknik ini nggak lama era sekarang. Silakan baca terus.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Nah mengatasinya supaya oling nggak meler terus untuk sementara ada cara gratis, tis, tis. Ya, kalau punya duit sih ke tukang bubut langsung. Yang ini cukup dikerjakan sendiri. Caranya beli selotip yang nggak ada perekatnya. Itu loh yang putih. Jangan beli punya pipa di toko bangunan, itu nggak tahan panas. “Belilah khusus baut mesin, di bengkel-bengkel motor banyak,” tambah Ahon.

Tinggal lilitkan selotip ini, jangan tebal-tebal atau secukupnya. Usahakan rata di ujung bautnya dan semakin tebal menuju pantat baut. Hati-hati juga saat mengencangkan bautnya. Jangan terlalu kencang dan jangan juga longgar. Ya kalau longgar bisa copot sembari jalan bautnya.

Ada cara satu lagi dengan cara dilem. Ini bukan pakai ‘lem biru’ yang lama dilempar dan beli baru. “Asli lem benaran atau lem karet/tribon. Dioleskan di ulir bak oli dan bautnya. Jangan banyak-banyak,” timpal Hengky yang nama punya bengkel bubut Eka Jaya di jalan DDN 2. Pondok Labu, Jaksel.

Dua cara yang diatas tuh sifatnya hanya untuk semetara bukan permanen. Ya itung-itung brosis menabung buat ketukang bubut dan punya waktu untuk ke bengkel bubut. Untuk ngetap baut pembuangan oli mesin di Hengky Rp20.000 dan motor tak perlu ditinggal, ditungguin aja cepet kok. Untuk las babet/nambah daging dan masih mau pake ukuran baut standardibandrol Rp60.000 tapi mesinnya diturunin. Lomo

BACA JUGA

TIPS MOTOR : Pasang Setang Kemudi Fatbar, Ala Trail

Tips Motor: Jaga Suhu Ban Dalam, Tanpa Biaya

Tips Motor; Bersihkan Sendiri Super-KIPS Ninja 150 RR

Tips Motor : Rawat Dan Pasang Ban Dalam, Awas Kejepit..!

Tips Motor; Ganjal Karet Kopling Ganda, Cukup 4 Ribu Perak, Ngaciriiiir Lagi..!

 

 

 

BAGIKAN