nhk

Tips Motor: Atur-Atur Paking Asbes Kenalpot

 

ManiakMotor – Paking kenalpot atau disebut juga asbesnya hanya Rp 3.000. Tapi jangan pandang enteng dengan dana segitu dan bentuknya yang kecil. Paking tersebut sobek atau jebol, pengaruhnya besar pada power motor. ya iyalah bro, kan bocor… Gas buang tak sempat diolah knalpot.

Yang bikin paking rusak karena sering bongkar-pasang kenalpot atau bisa juga kareana baut kendur atau dol sekalian,” ucap Didi dari Dian Motor  di daerah Pasawahan, Purwakarta, Jawa Barat.

Asbes ini menyekat kanlpot pada mesin 4-langkah ataupun 2-langkah. Tanda-tandanya sudah harus ganti, saat gas ditutup akan keluar suara keras dari kenalpot macam suara tembakan, maka sering disebut gejala ‘nembak’. Itu gejala awal, jika kondisi makin parah  akan sering muncul diiringi dengan berkurangnya power mesin.

 Tidak ada batasan usia pada paking kenalpot, malah jika tidak pernah dibongkar sejak beli, paking tadi akan awet sampai bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Tapi, namanya knalpot pasti dibongkar pasang. Bisa karena knalpotnya dibersihakan atau mesinnya sendiri yang diservis membuat knalpotnya harus dicopot.

Ya, lebih baik diganti jika sering bongkar-pasang  kenalpot. Lagianm harganya cuma tiga rebu, kok. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Membersihkan Mika Rem, Cukup Sikat Langsung Clink

Tips Motor; Membersihkan Saringan/Sarangan Knalpot Racing Harian, Kembalikan Power 2 Dk

Tips Berkendara, Belok Hanya Lihat Spion Saja Tidak Cukup Bro

Tips Motor: Maksud Kode Angka Pada Oli Sil

 

BAGIKAN