nhk

Tips Motor: Atur Power Suzuki FU Lewat Bentuk Porting, From Mr Conk!!

 

 

Maniakmotor – Jalur keluar-masuk bahan bakar sebagian besar ditentukan porting. Itu loh yang ada di lubang masuk sambungan dari karbu dan keluarnya tentu disembut leher knalpot. Karakter tenaga biasanya diatur dari sini untuk menentukan aliran flow. Mau bawahnya galak atau atasnya bengis. Macam yang dilakukan tunner papan atas drag bike yang namanya Mr Conk dari Malang, Jatim pada Suzuki FU-nya.

Dalam elmu porting ada tiga hal yang menentukan di antaranya ukuran, arah dan bentuk. Nah tips kali ini  sebatas bentuk porting dari Mr Conk. Soal ukuran dan arah belakangan ajee yee… dan dari ukuran ini penentu ekstrem atau hanya digunakan korek jalanan. Buat yang sudah ngerti dari bentuk saja dia bisa ikut.

Dicontohkan langsung pada FU karya Conk yang menyebar hampir pada semua tim balap lurus tanah air. “Ada dua bentuk porting yang biasa dipakai pada mesin FU, yaitu bulat dan oval,” jelas Conk sembari bilang karya ini juga sah digunakan buat korek harian, tingggal tergantung ukuran.

Lebih rinci pak Conk bilang kalau bentuk oval cocok buat tenaga bawah, cabut-cabutnya uenak. Model ovalnya sama dengan bawaan asli FU. Oleh insinyur Suzuki sengaja dibikin oval lantaran tenaga atas mesin standart FU faktanya memang yahud.

Sedang model bulat tenaga putaran tengah-atas yang ngisi. Conk mencontohkan porting bentuk bulat digunakan pada FU K-Ijo yang digunakan di Bebek 200 di drag bike. Konsekuensinya bawahnya agak lelet, kan memang dragbike lintasannya nggak pake belok alias lurus-lurus saja jadi, makanya tenaga atasnya diutamakan.

Soal putaran bawah tinggal ditutupi lewat modifikasi pada bagian lain macam pengapian, kompresi, kem sampai hitungan gigi rasio. “Membangun motor itu sebuah sistem yang saling bekerja sama, bentuk porting tadi salah satunya,” tutup Mr. Conk sambil nyeruput segelas kopi hitam kesukaannya. GS

BACA JUGA

Tips Motor: Korekan Rumah Roller Matik, Ilmu Drag Bike Buat Kohar

Tips Motor: Disetel Mekanik MotoGP, CBR250 Mas Ibud Jadi Tokcer

Tips Motor: Cara ‘Diet’ Kurangi Bobot Piston Kohar Dan Liaran, Drag Bike Juga Deh

Tips Motor: Cara Sederhana Ganti Roller CVT Honda Beat

Tips Motor: Kem Honda Cielio Di Jupiter Z, Meterial Paling Kuat !

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353