nhk

Tips Motor: Atur Squish Area 4 Tak Buat Kohar, Liaran Dan Dragbike

 

 

Maniakmotor – Sudah pada tahu kan istilah squish area di ruang bakar?? Yang rajin up-date tips maniakmotor.com pastilah sudah pada ‘ngeh’. Dulu pun sebenarnya sudah pernah dikupas soal squish tadi, tapi sebatas pada RX – King alias motor 2 langkah. Coba buka lagi ini: Tips Motor: Atur-atur Power RX-King Lewat Squish Area!

Sekarang gantian penerapannya pada mnesin 4 tak. Yang jelas elmunya bisa diterapin pada motor harian yang telah dikorek-korek. Yang doyan liaran juga silakan ditiru. Nanti setelah sakses buruan ‘tobat’ dan kembali ke jalan yang ‘lurus’ alias balap resmi. Hehehee..  “Secara fungsi tak ada bedanya squis pada mesin 4 tak dengan 2 tak,” buka Ari Setiawan pawang Jupi V-Reinz from Bali.

Kata dia – ya si Ari – pada jenis mesin tadi squish punya peran mengarahkan campuran udara dan bahan bakar persis ke  puncak titik tengah kubah di kepala silinder. Biar saat dikompresi ngumpul di satu titik untuk disulut api. Selain itu squish juga menentukan karakter tenaga motor, mau digalakin bawahnya atau bengis di atas.

Tentu saja dengan memainkan luasan area dan derajat kemiringan squish itu sendiri. “Gampangnya bila squishnya lebar cocok untuk putaran bawah. Sebaliknya squish sempit atasnya yang jalan, karena menyangkut laju berkumpulnya gas,” tambah mekanik yang juga menukangi tim roadrace Yamaha Rosiana Bali itu.

Sama juga dengan kemiringan atawa sudut squish, juga jadi faktor penentu. Biila angka sudutnya kecil pas buat trek pendek-pendek, bila angka sudutnya besar cocok buat trek panjang. Squish umum yang dipakai pada cylinder head 4 tak berkisar antara 8 -12 derajat. Bahkan ada pula yang pakai 0° alais dibikin flat. Itu berlak upada ruang bakar model hemi sperical, macam ruang bakar Honda Blade, Tiger dan Suzuki Shogun. Juga kubah model pentroof pada head Satria FU dan Jupi MX.

Yang musti diperhatikan antara sudut squish dengan sudut tepi piston wajib sama. Misal sudut squish di head dibikin 8° maka pistonnya harus 8° juga, bila dibikin flat piston juga ngikut. Selain itu kala membentuk ulang sudut squish harus mempertimbangkan pula deck clearence atau jarak antara tepi piston dengan squish. Setelan amannya bisa dibikin 0.7 – 1 mm. ” Tujuannya untuk menghindari gejala detonasi yang bisa bikin mesin sampeyan rontok,” tutup Ari yang pria kelahiran Solo itu.

Makasih tipsnya. GS

BACA JUGA

Tips Motor: Atur-atur Power RX-King Lewat Squish Area!

Kopling Set KLX150 TK Racing: Kuat Untuk Adventure, Trabas Dan Grasstrack

Tips Motor: Perbesar Pengapian Paka Relay, Ayo Coba, Modal Murah Bangat!!

Tips Motor: Kohar Suzuki FU CDI-Knalpot Standart, Porting Model Pantat!

Tips Motor: Kurangi Bobot Rasio Matik, Tarikan Laju

BAGIKAN