nhk

Tips Motor; Bagasi Tambahan Mudik

 

ManiakMotor – Bagasi atau boks sudah lajim dan makin lajim saat mudik. Harus diperhatikan ukuran dan braket dudukannya dengan dimensi motor. Jangan sampai gara-gara bagasi, motor bisa oleng sampai ke kantor polisi dan sampeyan ke rumah sakit, gagal lebaran deh.

Itu akibat boks kebesaran yang otomatis keberatan apalagi jika sudah disi dan yakin mengganggu kinerja motor dan mengendara. Keseimbangan sudah jelas amburadul.

 Di pasaran berbagai macam bagasi tesedia dan paling ngetop adalah  rear box. Tergantung harga, ada yang telah dilengkapi lampu sein dan rem. Itu lho, bagasi  yang posisinya di belakang jok. “Kapasitasnya beragam, mulai 26 liter sampai 52 liter. Yang 52 liter bisa diisi dua helm,” rinci Bagus Adrian dari gerai Surganya Bikers di Depok.

Untuk boks sampaing atau side box rata-rata kapasitas 20 liter sampai 35 liter. Bahkan ada yang bisa ditempel di tangki bensin. Makanya jangan berpatokan pada besarnya kapasitas penampungan. Misalnya, kapasitas 52 liter dipasang pada matik,

Selain tampilan kurang pas, distribusi bobot pun akan berpengaruh,” timpal Herman Canopy dari Motorizt di Jakarta.

Ingat saja untuk kapasitas 35 liter ke atas diperuntukkan untuk sport. Di bawah itu untuk bebek dan matik seperti kapasitas 25 kg. Paling di bawahnya, ya, ditaruh di saku celana aja.

Sebab, ada pula bagasi khusus dompet, hp dan alat-alat elektronik bawaan. Namun, silakan dipilih sesuai kebutuhan jangan sampai sembako lupa dibeli, malah ludes untuk bagasi. Harga boks dari Rp 250.000 sampai Rp 5 jeti.

Tinggal pilih dudukannya atau braket. Tersedia dari lokal sampai import, bahannya ada  besi dan alumunium cetak. Harga dari Rp 120.000 sampai Rp 2 jeti.  Sebenarnya, dibikin pada tukang las tetangga juga bisa.

Cuma takutnya, sampai di tempat, tiba-tiba boks hilang bersama dudukannya. Jatuh di perjalanan sampeyan tidak merasa. Banyak kasus yang begitu. Jangankan boks, istri atau pacar bisa hilang dari boncengan dan baru sadar sampai tujuan. Nah, itu pura-pura tidak tahu atau sengaja. Hehehe… Adit

TIPS LAIN:

Tips Cegah Stater Matik Macet

Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis

Pilih Sepatu Mudik, Jangan Mahal-Mahal, Bro…

Tips Lubangi Kopling Ganda, Jangan Sampai Jadi Waria..!

Tips Bungkam Petasan Di Jupiter Z

Tips, Mudik Tidak Harus Ganti Ban, Jangan Boros…!

 

 

 

 

BAGIKAN