nhk

Tips Motor; Balancing Velg – Pelek Digital, Ongkos Rp 30 Ribu, Presisi..!

 

ManiakMotor – Jika bergetar di tangan dari bagian setang kemudi, itu dari roda depan. Bila geli-geli alias getar-getar sikit di jok, itu dari roda belakang.  Dan salah satu sebabnya putaran roda tidak balans alias tidak imbang. Bisa pengaruh dari pelek, bisa pula ban, dua-duanya saling terkait. Apalagi pelek racing dan ban yang tidak jelas, makin geli sampeyan, maksudnya bergetar brosist.

Urusan menyeimbangkan pelek yang tidak sama berat pada lingkarannya ini, bisa ditanggulangi mesin balance khusus roda motor. Iya, bukan hanya roda mobil yang punya alatnya.  “Bisa mobil bisa motor. Tapi di sini motor saja, dan untuk semua ukuran roda, dari matik dan sport,” kata Angga Kurniawan, pemilik bengkel Anjany Racing, di Jl. Arteri Kelapa Dua, Jakarta Barat yang sudah memiliki alatnya.

Alat ini sudah digital, bukan pakai elmu kira-kira yang kadang pas dan lebih banyak nggak tepat. Pencatat angka pelek melenceng diinformasikan detil sampai 0.01 gram, mantap itu. Lebih mantap lagi, satu roda hanya dihargai Rp 30 ribu dan bisa balik kembali bertahun-tahun. Itu kalau motornya tak pernah di pakai bro. Juga tak perlu kembali, bila motor sudah dijual, hehehe.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Lngsung ilustrasi di bengkel Anjany dengan roda 17 inci yang tidak balance. Setelah roda terpasang, diukur jarak center roda dengan meteran yang tersedia pada alatnya. Maksudnya center dengan posisi penutup roda. Kemudian masukan angka sesuai meteran tadi, pada panel digital. Tahap berikutnya ukur lebar roda, dengan alat yang satu paket dengan  alat ini, contohnya 3 inci. Sama, masukkan informasi itu dalam monitor.

Pencet tombol start, dan roda akan memutar. Kira-kira dengan kecepatan 40 km/jam. Lalu alat ini membaca ngaconya putaran roda dan melaporkan dengan diiringi munculnya angka, kali 20 yang nongol. “Angka itu besaran timah penyembang. Satuannya gram, berarti timah 20 gram,” tambah Anjany yang bengkelnya rutin ikut Kejuaraan IndoSpeed  Race Series (IRS).

Oke deh hubungi saja Anjany di  Jl. Arteri Kelapa Dua, No 21, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Yang diluar Kota, boleh kirim pelek, tetapi ongkos kirim ditanggung sendiri. Ini nomornya, 021-53679239, 08129456913, pin bb 2a9da35a. Bilang dari maniakmotor.com. Adib


KLIK JUGA

Bersihkan Karburator, Harus Dirojok

Alat Deteksi Kerusakan Injeksi Motor Berbahasa Indonesia, BBM Naik…?

Tips Ergonomik Dengan Ganti Raiser Setang Kemudi

Tips Bebek Injeksi; Mudah Sekali Setting Gir!

Pasang Piggy Back Pada Motor Mesin Injeksi

BAGIKAN