nhk

Tips Motor; Ban Motor Harian Juga Perlu Dipanaskan, Agar Ngegrip

ManiakMotor – Pemanasan terhadap motor bukan cuma pada mesin! Ban motor yang kamu pakai sehari-hari itu, perlu pemanasan agar aman sampai tujuan. Ban masih dingin, tapi sudah zig-zag di antara kemacetan, bahaya buat kamu sendiri. Ya mudah-mudahan kamu baca terus….

Makanya kamu dengar dulu yang mau bicara! “Pemanasan buat ban motor sama pentingnya dengan memanaskan mesin,” bilang Dodiyanto, dari divisi Pengembangan Produk, PT Gajah Tunggal yang memproduksi ban motor IRC dan Zenoeso. Maksud dia untuk menyesuaikan suhu ban dengan permukaan jalan. “Ban punya suhu optimum untuk kerja maksimumal. So, supaya daya cengkram ban maksimal, suhu ban harus sama dengan suhu jalanan,” tegas Dodi.

Pemanasan ban di balapan menggunakan tyre warmer. Kalau untuk harian, tidak perlu sampai membeli alat mahal itu. Pemanasan ban cukup dilakukan sambil jalan. “Ya kira-kira jaraknya sekitar 2 km ban sudah menyesuaikan dengan aspal. Makanya sepanjang itu jangan ngebut dengan akselerasi kuat,” anjur Dodiyanto. Berarti bila hanya beli rokok di depan, kamu jangan sok kencang, tuh ban belum mencapai suhu ideal, gampang terpeleset.

Sementara itu, ban baru juga perlu penyesuaian. Misalnya pada pada motor baru atau bannya baru dibeli, ada masa inreyennya.Jaraknya sekitar 200 km. Selama masa inreyen, perlu ada manuver belok bergantian secara perlahan. Maksudnya, supaya permukaan ban menjadi rata sepenuhnya,” terang Dodiyanto lagi. AwAs

BACA JUGA

Tips Motor: Sakelar OFF Mesin Darurat, Ya Hanya Untuk Darurat

TipsMotor; Irit Bensin, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Habis Jalan Jauh, Pengendara Jadilah Mekanik Instan

Tips Motor: Setel Rantai Tak Butuh Dana, Nih Cara Jitu

 

BAGIKAN