nhk

Tips Motor; Baut High Class, Rp 1.8 Juta, Bak Kopling Saja

ManiakMotor – Baut kuat, pasti mahal, untuk bak kopling saja Rp 1.8 juta. Baru ada dua merek yang terlacak, yakni Lightech asal Italia dan Pro Bolt from Inggris. Sebut saja baut  high class brur. Paling rendah bahannya dari alumunium dan tertingginya titanium. Dijual di Indonesia buat pemanis bodi modifikasi yang jor-joran, dipakai bukan untuk modif juga silakan.

Pakai baut ini sebenarnya untuk ukuran Indonesia adalah gengsi. Makanya namanya duit nggak bo’ong. Penampilan mewahnya jaminan kualitas. Tidak mudah slek pada ulir dan media pemutarnya. 

“Saya dealer Pro Bolt yang disesuaikan dengan permintaan di Indonesia. Tersedia untuk semua turunan Ninja dari 250 cc ke atas dan Honda CBR dimulai dari 250. Bisa diorder sesuai maunya,” kata Ariawan Wijaya, pemodifikasi dari Baru Motor Sport (BMS), di kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

Pro Bolt warna-warni, namun soft dan tidak bikin sakit mata. Mirip cewek asli dan palsu, hehehe. Kemudian dipegang tapi tidak dikantongi. Ulirnya halus, saat digenggam tidak terasa, karena saking ringan. Tidak perlu lah ditimbang segala, sebab nyatanya memang begitu. Maklumlah baut-baut ini dikeluarkan untuk racing tingkat tinggi macam MotoGP dan WSBK. Kan balap adalah laboratorium untuk harian. Kuat di sana, apalagi untuk umum.

Di dalam kemasan plastik itu terdapat penguat baut. Sekali tancap tak bakal copot. “Oh itu namanya lock tight, untuk sektor mesin. Semacam lem, tidak bakal kendur walau terjadi getaran. Sebelum dipakai diolesi secukupnya. Untuk bodi tidak perlu,” tambah Ari pada lock tight yang otomatis tahan panas.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tidak sembarang membuka baut. Butuh spray release dulu menetralkan lock tighBoleh coba-coba melepaskan baut tanpa disemprot cairan. Yang ada kunci sok, ring atau L dan bintang sampeyan yang gundul dan patah. Karena kalah kualitas. Istilahnya sih, kenali dulu baut-mur baru cerita motor, ya lu yang reporter itu. Lha, baut saja nggak ngerti, sok-sok-an mengulas mesin. Ya kamu itu, kamu yang nulis… wkwkwk… becanda brosit. 

Di balap sebenarnya untuk mengejar bobot. Dengan baut ini saja berkilo-kilo gram bisa dipangkas. “Betul sekali itu. Untuk mesin Ninja full set, berkurang 3 Kg. Untuk harian boleh-boleh saja, kan motor yang ringan mudah dikendarai. Kebetulan saya penjual dan pemakai Lightech,” kata orang nomor 1 dibengkel Anjany Racing di kawasan jalan yang tak pernah ada ujungnya itu, ya Jalan Panjang, Kebun Jeruk. Dulu sih awak maniakmotor.com banyak yang ngantor di kawasan itu.  

Kebetulan juga bertemu orang balap, saat buka puasa bersama PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. “Sekelas 250 cc memang harus, betul yang dibilang Angga tadi. Lebih pentingnya  roda, itu komponen yang bergerak cepat. Butuh baut yang ekstrta kuat sekelas titanium,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport YIMM. Namun di Jupiter Z1 IndoPrix, baut high class ini tidak dipakai. Alasannya power mesinnya tidak seberapa, dibanding 250 cc yang racing pula. 

Fungsi dan tampilan sebanding harga. Pro Bolt dan Lightech, untuk baut rumah kopling saja Rp. 600 Ribu, ditambah sebelah kiri, ya Rp 1,2 Juta, berikut pasta dan tidak termasuk spray release. Untuk full 1 motor berikut bodi, ya silakan hubungi BMS dinomor, 021-92925551, pin bb 32555bb3. Anjany Racing dipesawat, 021-53679239, 08129456913, pin bb 2a9da35a. Adib

BACA JUGA

Pasang Quick Shifter Elektronik Di Motor Harian, Macam SSG Loh

Tips Motor Korek Harian; Trik Karburator Diameter Gede Ngook..!

Tips Motor: Cek Kondisi Elektrik Starter Honda CS1

Tips Motor; Rebus Aki Jadi ‘Awet Muda’

Tips Motor; Paking Kertas Imitasi, Mesin Rontok..!

BAGIKAN