nhk

Tips Motor; Bebek Injeksi; Mudah Sekali Setting Gir!

 ManiakMotorSupra X 125 PGM F1 adalah satu contoh bebek injeksi yang sudah canggih. Bicara injeksi yang canggih, terbayang yang rumit, makanya jadi malas ‘berksperimen’ kecil-kecilan alias tips ringan.

Anggapan itu malah sebaliknya. Ganti gir jadi berat atau ringan, tidak perlu lagi setting-setting spuyer. “Eloctronic control unit (ECU) langsung menyesuaikan sendiri,” kata Arif Syaifudin, S.Pd, guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti Banjarnegara.

Misalnya nih untuk sampeyan yang aktivitas harian sering berjumpa dengan trek lurus, datar dan panjang, bisa memberatkan gir untuk dapat top speed. Caranya mudah,  mata gir belakang diganti lebih sedikit atau memperbanyak mata gir depan. Namun, untuk yang berada di daerah pegunungan yang banyak tanjakan dan kelokan, pakai cara sebaliknya.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ambil contoh pada Supra X 125 PGM FI tadi, standar gir belakang 36 mata depan 14 mata bila dihitung 36:14 = 2.571.  Untuk top speed ganti misalnya jadi 34 belakang dan depan standar, berarti 34;14 = 2.428. Angka ini bisa diberatkan lagi dengan hanya mengganti gir depan 1 mata alias 36;15 = 2.4. Semakin kecil hasil akhir, top speed semakin tinggi. Sebaliknya kian kecil angka pembagian, tarikan makin ringan tapi top speed drop.

Sederhana kan, tanpa utak-atik bagian mesin, tapi bisa ubah-ubah performa. Penasaran? Buktikan sendiri langsung bro! Siapkan dulu ukuran gir rantai yang dimau, bisa beli belakang sendiri, depan sendiri atau satu set sekalian dengan rantai.

Harga untuk orisinal kisaran Rp 135 ribu, sedangkan yang KW tak lebih dari Rp. 100 ribu. Selanjutnya, tinggal pasang gir rantai yang baru, “Siapkan kunci sok ukuran 14 dan 19, motor di standart tengah pada tempat yang lapang. Langkah awal, lepas baut as roda, untuk Supra X PGM FI belakang sudah pakai cakram, jadi perlu hati-hati saat melepas,” Arif yang langsung mempraktekkan sendiri. Setelah terlepas, siapkan balok kayu sebagai tatakan untuk melepas baut pengikat gir dengan kunci sok 14.

Setelah semua terlepas tinggal pasang gir yang baru dengan urutan pemasangan terbalik dengan pelepasan. “Setel ulang kekencangkan rantai, bila rantai terlalu panjang lantaran ukuran gir yang beda tinggal dipotong saja, biasanya sampai dua mata,” tutupnya.

Selamat mencoba! Ardel

BACA JUGA

Pasang Piggy Back Pada Motor Mesin Injeksi

Ini Dia, 7 Macam Kotak Elektro Doping Iinjeksi

Tips Bersih-Bersih Filter Fuel-Pump Injeksi Vixion

Tips Kopling Starter Yamaha Mio Los

Haluskan ‘Kulit Jeruk’ Porting Motor, Tak Perlu Pisau Korek

BAGIKAN