nhk

Tips Motor: Bebersih Filter Oli Model Kasa & Rotor, Lancar Jaya!

 

 

ManiakMotor Jangan buang sampah sembarangan ke sungai, bikin alirannya tersumbat lantas banjir. Musibah! Eh, cerita penyumbatan bisa juga dialami filter oli alias komponen penyaring oli yang akan dialirkan ke komponen mesin. Ia tersumbat kerak, serbuk gram dari metal, dan juga bekas kampas kopling yang terkikis. 

“Jika alami itu, debit oli yang dialirkan berkurang, sehingga pelumasan tidak maksimal. Olinya hanya menggenangi bak mesin. Oli tidak sampai pada bagian kepala silinder atau poros engkol. Bisa saja filter oli-nya tersumbat,” wanti Wayank, mekanik V-Reinz Manahadap, Solo, Jateng, yang punya bengkel harian. 

Ente tak boleh cuek beibeh. Mesin 4-Tak sistem pelumasan basah, oli didistribusikan pompa oli pada komponen-komponen bergerak. Sebelum oli dipompakan, oli disaring terlebih dahulu sehingga kotoran tidak ikut terbawa. Nah, di situ fungsi filter oli, brosist. 

Kondisi saringan juga menentukan kualitas oli yang dialirkan, jika saringan sudah penuh dengan kotoran, maka oli yang dialirkan pun tidak akan bisa maksimal. “Ada dua cara, yang banyak duit setiap tiga kali ganti oli, sekali ganti filter olinya. Yang nggak punya duit, ya dibersihkan sendiri,” sambung mekanik yang buka praktek di Gedangan Permai Sektor 9 Blok B-24 Solo Baru, Jateng.

Terdapat dua buah saringan, saringan kasa dan saringan rotor oli. Dua saringan ini membutuhkan perlakukan yang berbeda saat melakukan pembersihan. Untuk saringan oli dibersihkan dengan terlebih dahulu dicopot dari tempatnya selanjutnya disemprot dengan udara bertekanan. Sedangkan untuk rotor cukup dilap kain bersih dan jangan menggunakan udara bertekanan. Tujuannya agar debu dan kotoran yang menempel tidak masuk ke dalam lubang saluran yang menuju ke poros engkol.

Utamanya memang rutin ganti oli sesuai jarak tempuh direkomendasikan olinya. “Ada baiknya tidak gonta-ganti merek oli. Oli dengan SAE kecil lebih bagus, walau mesin agak ‘berisik’, namun ringan dan lancar sirkulasinya. Filter oli lancar, kan bisa menjaga kebersihan mesin, piston awet  dan gak bikin kopling selip,” tutup Wayank yang berbadan subur itu. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Perpanjang Usia Rantai Kamrad/Keteng Honda C-series

Tips Motor: Bikin Ulir Busi Sleg/Dol, Pakai Sok Drat!

Tips Motor; Per Kampas Kopling Supra-X/Grand, Pakai Smash Rp 15 Rebu, Cabutnya Kuat!

Tips Motor; Busi Kode ‘R’ Untuk Injeksi Dan Kode-Kode Lainnya

BAGIKAN