nhk

Tips Motor: Beda Angin Nitrogen Dan Biasa, Oke Di Motor..!

ManiakMotor – Sama-sama angin, tapi beda nama yang satu nitrogen (N2) dan satunya lagi biasa alias oksigen (O2). Yang diiisi angin nitrogen pasti sampai saat ini masih bertanya-tanya untungya. Jangan sampai isi angin hanya ikut-ikutan yang ‘katanya’ nitrogen menjaga kenyaman, keamanan dan keawaten ban. Setidaknya banyak keunggulan diisi nitrogen. Makin percaya diri, mengisi nitrogen harus ditebus lebih mahal.

Ya iyalah. Lantaran nitrogen molekulnya lebih padat dari udara biasa. Kendati yang namanya angin biasa yang dihirup manusia mengandung di atas 50 persen nitrogen. “Nitrogen lebih padat, tidak mudah merembes pada bori-pori ban. Jadinya awet di dalam ban motor,” jelas Kris dari Planet Ban di kawasan Lenteng Agug, Jakarta Selatan.

N2 juga tahan pada suhu tinggi, tekanan agin jadi awet. Itu diklaim para penjual angin nitrogen bikin ban jadi tahan lama. Pokoknya tidak mudah benjol-benjol, keausannya rata. Masuk akal, kadang pemilik motor baru tambah angin bila bannya benar-benar kempes. Padahal dengan tekanan yang tidak sesuai anjuran, ban cepat botak. Berarti, nitrogen ini cocok bagi pengguna yang malas mengecek tekanan ban setiap saat.

Kadungan air pada  nitrogen lebih rendah dari oksigen biasa. Makanya sering dipromosinya bikin pelek tidak mudah berkarat. Karena itu, anggapan tak bisa dipakai di pelek jari-jari pada motor, silakan buang jauh-jauh. Justru enak digunanakan. Lha wong, F1 saja pakai nitrogen benaran, hehehe. Jari-jari saja bisa, apalagi yang palang. Kan kalau sebut jari-jari sudah pasti pakai ban dalam.

Untuk mengisi nitrogen (pertama kali), buang dulu angin biasa sampai habis. Itu untuk mencegah molekul gas yang terdiri dari berbagai unsur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur udara biasa, menyebabkan tekanan ban kurang stabil. Tekanan nitrogen pada ban 28 – 31psi depan dan belakang 30 – 33 Psi atau sesuai anjuran merek ban dan kondisi penggunaan sehari-hari. Rud

BACA JUGA

Tips Motor; Kenapa Lampu Halogen Tak Boleh Dipegang?

Tips Motor: Ganti Rocker-Arm/Pelatuk Klep Roller Mega-Pro, Cuma Rp 10 Ribu!

Tips Motor: Perbedaan Ban Tubeless Dan Biasa Untuk Berkendara

Tips Motor: Ampere Aki Harus Sama Dengan Pengganti

 

 

BAGIKAN