nhk

Tips Motor: Beda Modul Gigi Primer Model Lurus vs Miring, Gigi Lurus Torsi Besar Akselerasi Kuat

 

 

ManiakMotor – Gigi primer modulnya lurus alias spurs gear punya kelebihan dan kekurangan. Gigi primer itu yang ada di rumah kopling yang menerima putaran langsung dari kruk-as lantas menyalurkannya pada gigi sekunder. Sekarang, sebagian motor masih menggunakan gigi lurus-lurus ini dan sebagian sudah pakai model miring atau irisan alias helical gear. Model lurus itu salah satunya masih digunakan Honda Tiger, GL-Pro dan sebagainya.

Modul lurus mengatar tenaga lebih awal dari pada yang miring. Karena sifatnya tanpa terjadi slip, karena antar roda gigi terletak saling sejajar. Kontak langsung, dan reduksinya langsung. “Itu telah dibuktikan dengan mengganti gigi primer jadi model miring torsi drop sampai 0,20 kg-mn pada 7.000 rpm dari standar,” jelas Koh Setio dari Polaris Motor yang saat ini rajin meriset gigi terhadap tenaga semua motor.  

Jelas saja risetnya untuk keperluan jualan Polaris yang berlabel TK Racing. Toh, uji coba itu masuk akal. Dalam pengukuran torsi yang dilakukan pabrikan selalu dari kruk-as. Kenyataannya saat diukur di roda berkurang sampai 4 dk dan torsinya berkurang banyak. Salah satu sebabnya dari model roda gigi primer pada rumah kopling tersebut.

Balik lagi ke Tiger misalnya. Motor ini punya reaksi tarikan awal yang yahud, namun cenderung kasar. Penyakit bawaan Tiger boros pada sproket roda dan rantai. Ada lagi penyakit yang sulit disembuhkan bagi motor yang menggunakan gigi lurus, karet peredam entakan pada teromol sering kalah. Tanya saja pada pengguna Tiger, pasti penyakit motor sudah turun temurun adanya di situ.

Belakang motor-motor terkini seperti Yamaha Vixion, Byson, Honda CB150R termasul All New Honda CBR150R dan sebagainya telah menggunakan gigi miring. Kelebihannya enatakan lebih halus dan lebih awet terhadap rantai, gir dan karet peredam tadi. Karena, gigi miring tidak serenatak bergerak bersama tapi beriringan dan beurutan saat memulai modul dan melepas putarannya. Namun torsinya juga berkurang dibanding yang menggunakan gigi lurus.

Bagi para tukang korek yang mau kencang dan torsi besar, silakan memilih gigi primer yang lurus. Tapi itu tadi, rantai, gir dan karet peredam entakan yang cepat dimakan. Eit buat yang hobi modifikasi, mengatasinya mah eces. lIto

BACA JUGA

Tips Motor, Kopling Satria FU Pakai 6 Lembar Kampas, Mantap Tarikan Hariannya, Pak..!

Tips Motor: Cara Rawat Sil Dan Laher Roda

Tips Motor; Usir Bunyi CVT Matik, Modal Koran Bekas

Tips Motor: Dua Kiat Merawat Fuel Injection (FI)

BAGIKAN