nhk

Tips Motor: Begini Caranya Mengatasi Rem Bergetar Saat Direm

 

ManiakMotor – Getaran saat melakukan pengereman terutama yang sistem cakram, pasti dialami pengendara dan pemilik motor. Apalagi bila motornya sudah tua, ya kira-kira tiga  tahun ke atas dengan jarak tempuh di atas Rp 75.000 km.

Penyebabnya terdapat pada komponen motor itu sendiri. Biasanya diawali dari kampas rem yang tidak rata. Tidak rata ini macam-macam sebabnya. Misalnya jarang dibersihkan, sehingga kotoran sering mengganjal antara kampas dan rem. Engsel-engsel sepatu rem juga ditumpuki debu yang menahun, membuat kampasnya kurang bebas bergerak rata.

“Kalau engsel kotor buka-tutup kampas saat mendekap cakram sudah tak sama. Kotoran juga bisa mengganjal antara kampas dan cakram. Jadinya tuh kampas ausnya miring. Gejalanya rem bunyi, makin bunyi saat pada musim hujan karena nggak fleksibel,” jelas Andri salah satu mekanik senior di SpeedShop Polaris yang berlokasi di Jl. Kebon Jeruk 3, Kota, Jakarta Pusat

Kampas itu bisa diatasi dengan sederhana bila keburu ausnya miring atau  tak rata, misalanya diampelas atau kampas diganti baru. Akan tetapi bila getarannya masih ada, penyebabnya bukan dari kampas lagi, tapi sudah menjalar pada cakramnya. Ya cakramnya jadi bergelombang atau permukaannya tidak rata dimakan kampas tadi.

Boleh sih diatasi dengan  membubut rata cakramnya. Silakan ke tukang bubut untuk diratakan. “Cara bubut cakram ini hanya bisa mengatasi sementara. Biasanya akan muncul kembali, karena kampas akan mudah tergores, meleot dan bergelombang ulang. Sebabnya, metalurgi lapisan luar cakram sudah dimakan pisau bubui,” tambah  Andri menerangkan.

Makanya Andri menyarankan cara nggak pakai ribet. Pokoknya lebih mudah dilakukan dari pada cara omongan di atas. Yakni mengganti komponen rem seperti cakram ataupun kampas dengan yang baru. Hahaha, itu mah bukan tips, tapi tips ganti baru. Eiit, tips juga deh, kan ketahuan soal getarannya.

“Paling utama lagi perawatan rem cakram. Jangan mentang-mentang sudah cakram, tapi nggak dirawat. Itu tadi, motor yang sudah tahunan silakan dibongkar dan dibersihkan seluruh komponen kaliper remnya. Lalu engsel-engsel dudukan sepatu cakramnya diberi pelumas. Pasti cakram jadi awet, karena jepitan kampas akan lurus saat didorong piston kaliper, dia tidak terganggu kotoran yang menumpuk,” pungkas Andri.

Oke deh.

BAGIKAN