nhk

Tips Motor: Beli Bensin Subuh Lebih Irit, Tak Perlu Korek Mesin?

 

ManiakMotor Ini tips tak perlu utak-atik mesin, tapi lumayan bisa irit. Macam mana pula nih penulis! “Untuk yang mau sedikit repot, beli bensin bisa dilakukan pagi-pagi sekali. Atau malam di atas jam 23.00  sekalian. Harga sama tapi bisa dapat lebih banyak,” kekeh Ulinuha, bikers komunitas Mio Pati, Jawa Tengah.

Tapi sayang, doi tak bisa cerita banyak kenapa bisa begitu? Reporternya juga bingung, kok bisa ya malam-malam dan subuh-subuh bisa irit, eh maksudnya takaran jadi lebih banyak. Pantas para angkot dan taksi, ngisinya jam-jam segitu. “Syaratnya kondisi mesin motor sampeyan prima,” kata Ulinuha membelokkan cerita karena tidak mengerti logikanya. Iyalah, apalagi sudah injeksi makin irit aja tuh…

  {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tri Puji Lestari yang lady biker  lulusan ilmu tanah Institut Pertanian Bogor (IPB) coba mengilustrasikan. Katanya, “Tiap SPBU memang punya tangki penyimpanan di bawah tanah. Suhu tanah mudah berubah, lalu bensin kan volatile juga alias mudah menguap. Siang panas, jadi pengaruh terhadap penguapan bensin. Nah, semakin tinggi suhu, semakin besar pula penguapan pada zat cair terutama zat yang cair yang bersifat volatile,” kata cewek penyemplak Mio yang punya otak encer alias camlaude itu. Hehehe..

Adi Wibowo, pengawas teknik sebuah SPBU menambahkan, “Dalam bisnis bahan bakar, pengaturan gravitasi bumi, temperatur dari bensin, solar, bahan bakar jet atau produk bahan bakar lain, mendapat pengaturan yang sangat penting. Kenaikan satu derajat saja, memiliki pengaruh dalam bisnis ini. Tapi umumnya SPBU tidak memiliki alat pengatur kompensasi temperatur pada mesinnya,”urainya.

Analisa teori tadi bisa jadi begitu, tapi soal benar atau tidak sampeyan perlu membuktikan langsung bro. Caranya, ya lakukan pengisian bensin pada dua kondisi tadi, waktu subuh atau malam hari dibandingkan siang hari. Tentu sebelumnya, tangki dikuras terlebih dahulu, baru kemudian dikuras lagi dan ditakar dengan gelas ukur.

Selamat mencoba! Eh, hampir sama kira-kira saat tangki sudah penuh masih digoyang-goyang dan minta diisi lagi. Padahal namanya bensin yang cair bangat akan menyebar ke suluruh tangki, tanpa digoyang-goyang, hehe.  Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Subtitusi Kampas Supra X100, Kuat Dipakai Di Blade Sampai CB150

Tips Motor; Ganti Kampas Kopling Ninja 150, Murah Meriah Tenaga Nendang!

Tips Motor: Katup Kupu-Kupu (Butterfly) Injeksi Jangan Sembarang Bongkar

Tips Motor; Subtitusi Kampas Dan Per Kopling KX85 (SE) Untuk Kawasaki KLX150

Tips Motor; Paketan Bolt On Piston 58 mm Matik, Maknyus Untuk Harian

 

BAGIKAN