nhk

Tips Motor; Berkendara Jangan Asal Tancap, Cek Motor Dulu Bro

 

ManiakMotor – Berkendara motor erat dengan kebiasaan, apalagi punya  sendiri yang sudah hapal selanya. Belum dipanasi langsung tancap gas. Padahal perilaku seperti itu memiliki risiko besar, “Saya pernah begitu. Saat akan direm ternyata rem depan dan belakang tidak langsung bekerja. Saya baru ingat motor baru saja dicuci kampas rem dan teromol belakangnya basah. Paniklah, syukur nggak kenapa-kenapa,” kata Bagea, pengendara Yamaha Jupiter Z ala road race ini.

Kejadian seperti tadi bisa dihindari jika saja pengendara mengecek fungsi dari komponen berkendara, “Kita bisa melakukan pengecekan mulai dari fungsi gas, rem, kopling, lampu-lampu, tekanan angin ban sampai jumlah bahan bakar yang tersedia. Mungkin sedikit memakan waktu, tapi kebiasaan tersebut bisa mengurangi kecelakaan,” kata Satryo Dewasta, selaku ketua klub motor Hell Duck Community di Purwakarta, Jabar.

Pengecekan bisa dilakukan sembari menjalankan motor pelan-pelan, misal mendeteksi fungsi rem depan-belakang, jumlah bahan bakar dan lainnya. Apalagi jika motor tersebut bukan motor pribadi alias boleh pinjam, jarak main rem, kopling dan lainnya pasti sudah disesuaikan oleh pemilik motor, itu perlu dibiasakan.

Makanya orang tua zaman dulu sering menyarankan agar motor dipanaskan sebelum dipakai, tak hanya mesinnya yang dipanaskan tapi sembari dicek komponen vital sepeda motor.

Jadikan jarak 0-100 meter merupakan jarak mengecek fungsi komponen motor, “Saya biasa lakukan itu, dengan kecepatan 10-20 km/jam semberi cek berulang peranti rem, dari hal tersebut, komponen suspensi dan tekanan angin ban juga bisa ikut terdeteksi,” pungkas Satryo yang bukan instruktur safety riding tapi atas pengelaman berkendara sehari-hari. Adit

BACA JUGA

Tips Motor: Cek Kondisi Motor Dalam Hitungan Menit

Tips Motor; Ganti Sendiri Oli Sil Magnet/Kruk-As Honda C-Series

Tips Motor; Bersih-Bersih Karburator Pakai Ini, Nih..!

Tips Motor: Cek Kondisi Motor Dalam Hitungan Menit

Tips Motor; Part Ori Jauh Lebih Murah Dari Orisinal…?

 

BAGIKAN