nhk

Tips Motor: Berkendara Malam Jarak Jauh Dari Ban FDR

ManiakMotor – Berkendara motor malam hari sepertinya lebih menyenangkan. Tidak silau, lebih sejuk dan biasanya lebih sedikit kendaraan. Namun, berkendara pada malam hari justru lebih berbahaya! Macam itulah tips dari PT Surayaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR mengingatkan para pemudik.  

Nah ini tipsnya dan semga berguna untuk selamat dalam perjalanan:

1. Mudah dilihat. Jaket kulit hitam tampak keren dan macho. Namun saat malam, warna hitam akan menyatu dengan kegelapan malam macam Batman. Kalau terpaksa tetap pakai hitam gunakan stiker scotlight pada bodi motor boleh jika pakai stiker ini yang menyala bila kena sinar. Boleh juga pilih jaket berbahan fluorescent yang sifatnya sama dengan stiker tadi. Sebaiknya kenakan juga celana, sarung tangan, dan helm dengan warna terang atau memiliki bagian yang bisa memantulkan cahaya.

2.    Mudah melihat dan mendeteksi. Setelah memastikan bahwa pengendara lain bisa melihat sampeyan, pastikan si mas  juga bisa melihat pengendara lain. Biasanya agar tidak silau berkendara  siang memberi lapisan pada helm. Seperti pakai kacamata hitam, lapisan tersebut melindungi mata dari terik sinar matahari. Saat keadaan semakin gelap, malah sulit melihat. Pilih-pilih helm yang tepat. Sudah banyak variasi kaca helm bening. Saat ini bahkan ada helm yang kacanya ganda, ada yang terang dan ada yang gelap.

3.    Perluas pandangan. Lampu dari arah berlawanan mudah terdeteksi dari datangnya kendaraan lain dari depan kalau perjalanan jarak jauh. Bila tak ada patokan pandangan ke depan di tempat sepi dan penerangan jalan kurang, caranya lihat, eh lebih tepatnya diliri ke langit dengan patokan pohon-pohon di pingir jalan. Segelap apa pun pun langit akan terlihat dari celah jejeran pohon dan celah langit itu menjadi jalur sampeyan tuju. Sebab tidak ada pohon di tanam di tengah jalan. Sesuaikan sudut sorotan atau lampu jauh.  

4. Cek lampu-lampu kendaraan. Sebelum berkendara pastikan lampu depan, belakang, rem dan lampu sein berfungsi. Saat malam hari lampu rem dan sein jadi petunjuk bagi pengendara lain mengenai tindakan yang dilakukan, apakah  berhenti atau mau belok. Hindari juga modifikasi yang menyalahi aturan, seperti menganti lampu belakang yang biasanya berwarna merah dengan warna putih. Sebab lampu belakang dan rem sudah hukum internasional warnanya merah.

5.    Jaga jarak. Saat siang  biasanya 1-2 detik di belakang kendaraan di depan. Hitungan 1 – 2 detik itu maksudnya kamu punya kesempatan menutup gas, bertindak menghindar dan pengereman. Hitungannya satu, dua. Kalau malam hitungan ditambah dua atau jadi 3-4 detik di belakang. Tidak membututi dari dekat kendaraan yang ada di depan Anda juga membuat Anda mendapat pemandangan yang lebih luas. Selain itu, saat melintasi jalanan yang gelap akan lebih aman jika Anda mengendarai lebih lambat untuk memberikan kesempatan bermanuver atau merespon bahaya yang ada di jalan. 

6. Jangan lupa pastikan ban masih layak pakai dan tentu saja itu FDR, ban kualitas tinggi. MM

BACA JUGA

Tips: Aman Kendarai Motor Jarak Jauh Dari FDR

Tips Motor: Bersihkan Filter Udara Injeksi Habis Jalan Jauh

Tips Motor; Korek Murmerceng (Murah Meriah Kenceng) MP4 Tembus 22 dk

Tips Motor: Selah/Sterter Tendang CVT Matic Macet, Obatnya Gemuk

Tips Motor: Cara Ganti Kampas Sentrifugal Matic

BAGIKAN