nhk

Tips Motor: Bersih-Bersih Filter Fuel-Pump Injeksi, Bahan Bakar Lancar..!

 Maniakmotor  – Perawatan motor Yamaha V-ixion yang injeksi tergolong simpel. Salah satunya bersihin filter fuel pump alias filter pompa injeksi. Hal sama boleh diterapkan pada motor yang sistemnya injeksi.

Namanya juga filter, perannya penyaring kotoran pada bahan bakar yang menuju ke pompa yang akan disemprotkan injector. Filter Fuel-pump Yamaha V-ixion  letaknya ada di dalam tangki bahan bakar .

Sadar atau tidak, setengah sadar juga boleh, asal jangan pingsan,  tangki bensin tidak saja penampung bahan bakar, juga kotoran terbawa bensin. Apalagi Vixion yang sudah tahunan di tangan sampeyan, nah itu telah bacampur korosi dari asam. Bila mbrebet, jangan langsung kaget. Bisa jadi penyebabnya dari sini. Ingat brosit lubang injector kuueciil banget, ukurannya mikro sebesar rambut sampeyan. Saat ada kotoran yang bercampur dengan bensin otomatis akan menghambat semprotan injectornya.

Kali ini Maniakmotor sajikan tips cara bebersih filter Fuel-pump si viksi’. Silakan dipraktekkan sendiri dimotor sampeyan. Tentu baca dulu tulisan ini sampek habis biar nggak nyasar.  Lebih jelas dipandu  langsung Mas Wandi. Ia pebengkel yang eksis di salah satu dealer Yamaha Jember Jatim.  “Cukup pakai kunci T10 dan L3 untuk membuka pompanya,” terang Mas Wandi.

Langkah pertama buka joknya, lalu lepaskan tangki menggunakan kunci T 10, ada 4 baut yang harus dilepaskan. Dua baut disisi kanan-kiri(gbr1), juga 2 baut di bagian depan tangki(gbr2). Setelah itu cabut soket kabel kelistrikan(gbr3) juga soket selang bahan bakar dibagian bawah tangki(gbr4). Caranya cukup tarik bagian penguncinya. Langkah selanjutnya buka bracket Fuel-pump menggunakan kunci L3(gbr5), kemudian pisahkan perangkat fuelpump dari tangki(gbr6)

Lepaskan filter dengan cara menarik bagian pengunci, cukup menggunakan jari tangan(gbr7). Setelah filter terlepas (gbr8) tinggal sampeyan cuci menggunakan bensin, lalu tiup dengan bantuaan angin kompresor. Bisa juga dipukul-pukul sedang pada tangan. Jangan memukulnya seperti sampeyan lagi main silat. “Proses ini bisa dilakukan berulang 2-3 kali hingga filter tadi benar-benar bersih dari kotoran,” jelas Wandi .

Setelah selesai tinggal pasang kembali peranti fuel-pump, urutannya kebalikan dari proses tadi. Ya semoga setelah dibongkar, motornya masih bisa hidup, hehe. MM

BACA JUGA

Tips Motor: Pasang Hand Grip Benar Pakai Pasir Bukan Oli, Ingat Itu..!

Tips Motor: Maksud Kode Angka Pada Oli Sil…!

Tips Motor: Langkah Bore-Up Sekarang Sederhana, Tinggal Dananya Saja

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353