nhk

Tips Motor: Bersihkan Filter Udara Injeksi Untuk Mudik

ManiakMotor – Ini tips bagi yang tak doyan korek-korek mesin, tipis sederhana siapa saja bisa melakukannya tapi tockcer. Apalagi di zaman teknologi injeksi, nah ini obatnya. Ya cukup bersihkan filter udara motor ngacir lagi.

Biasanya filter udara pada injeksii baru disentuh ketika ganti oli di bengkel. Padahal filter udara kapan saja bisa dibersihkan, tentu saja sudah dianggap kotor. Misalnya saat mudik lebaran ini, ketika sampai di kampong halaman silakan dibersihkan. Gampang kok cuma butuh obeng untuk matik.

Kan dalam perjalanan ke kampong pasti telah menyedot debu. Debu akan menghalangi lancarnya udara ke throttle body. “Karena filter udara sangat berpengaruh pada suplai udara itu sendiri pada injeksi untuk mencampuri bahan bakar. Kalau filter udara bersih terus, udara juga lancar  terus, tarikan juga lancar terus dan bensin hemat terus. Cara sama juga berlaku buat karbu. Perjalanan jadi lebih irit,”  jelas Ewin, mekanik dari Joccel Speed Shop di Karawang, Jawa Barat.

Nih contoh yang diterapkan pada Yamaha Mio GT. Biasanya membuka filter paling mudah deh. Macam Mio GT ini hanya membuka baut filter dengan obeng kembang atau plus. Setelah itu tinggal tarik filternya dari kotaknya. Tinggal bersihkan filternya, boleh dipukul-pukul sedang, dikuas dan boleh juga pergi sebentar cari kompresor untuk meniup debu.

Niscaya dengan filter udara bersih performa motor akan terus oke dana yang dikeluarkan lumayan hemat buat zakat. Rzk

BAGIKAN