nhk

Tips Motor; Bersihkan Sendiri Super-KIPS Ninja 150 RR


 

ManiakMotor – Super-KIPS alias Kawasaki Integrited Powervalve System adalah mekanisme katup pengontrol exhaust port pada putaran tinggi. Tapi ingat, perangkat ini tetao saja berhubungan dengan gas buang 2-tak. Tahu sendiri two stroke  saban 3 bulan harus diusir keraknya. Termasuk  Super-KIPS pada Kawasaki Ninja 150 RR ini.

Nggak masalah tak dibersihkan, itu sama saja kerak menyumpal lubang keluar. Katup Super-KIPS kan seperti model coak yang coakannya tersebut bagian dari lubang juga. Belum lagi persoalan macet. “Saya pernah tuh, di rpm 7.000 alat ini macet. Di putaran itu motor sangat berat tarikannya, bahan bakar boros,” cerita Linggar Supriyanto, penunggang Kawasaki Ninja RR yang juga karyawan bank swasta di Banjarnegara, Jateng. Wah hanya gaji bank yang bisa beli motor ini ya, hehe.

“Memang harus rajin-rajin merawat 2-tak. Sebenarnya ketika kenalpot dan ruang bakar dibersihkan, Super-Kips sekalian juga,” kata Okky Savona, mekanik tim drag CBM Mekar Tani, Jogja sembari bilang bagi yang hobi bebersih sendiri bisa dilakukan tanpa harus ke bengkel.

Ya sebelum bongkar-bongkar siapkan alatnya. Jangan lupa alat menjadi bagian utama penghambat pekerjaan. Misalnya, dua baut Super-Kips hanya bisa dibuka dengan kunci L-5, ya taanpa kunci itu sampeyan tak bisa berbuat apa-apa, jangan dipaksa diketok dan ditang, nanti luka. Pinjam boleh-boleh saja, tapi saban kerja pinjam, lama-lama nggak enak hati.

Ngomong melulu lu, kapan kerjanya? Ya, ya, silakan ganti celana pendek, supaya bebas bergerak. Tapi jangan pakai celana dalam doang, dianggap begini sampeyan – telenjuk ditempel miring di jidat. Lalu, pakai kaus oblong jangan yang baru, nanti kena oli. Pakai juga sarung tangan kerja, supaya nggak kapalan dan telapak tetap halus.

Siapkan kunci-kunci : obeng plus, kunci ring 8 dan 10, kunci L5. Nah, untuk yang Ninja-nya masih berfairing, silahkan dilepas terlebih dahulu fairingnya. Eit, eit, siapkan dulu wadah untuk baut-baut dan mur penguncinya, juga wadah untuk perkakas supaya tak campur aduk. Cari tempat yang luas, di pekarangan tetangga juga nggak masalah. Asal minta izin dulu.

Copot karet pelindung Super KIPS dengan pelahan dan jangan berangasan, santai saja bro. Lepas batang pemutar katup Super-KIPS. Bukanya putar ke kanan (clockwise) pakai kunci ring 10. Lepas kedua baut penguncinya dengan kunci ring 8.

Sekarang sudah tampak mekanis Super-KIPS, silakan ngaso dulu, boleh minum air putih, kalau ada kopi lebih mantap tuh. Kalau perokok dua isap tiga isap, silakan, asal bekerja jangan sembari  merokok. Awas, buka penutup mur gigi mekanisnya yang berlawanan arah jarum jam atau ke kanan, bukan ke kiri.

Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titiknya. Itu tanda saat pemasangan nanti, titik ini kudu ada di tengah dua titik pada gigi katup Super KIPS. Lebih mudahnya ingat baik-baik posisinya, kalau perlu dicatan sembari diskema.

Kini, katup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L5. Mencabut katup mesti dibantu cungkil dengan obeng min. Posisi cungkelnya harus pas pada  kepala silindernya dan hati-hati, tapi jangan panik.

Cabut Super-KIPS dan tinggal lanjutkan membersihkannya dengan bensin sembari dikorek-korek sampai bersih. Kalau mau lebih cepat semprotkan dengan carburetor cleaner atau  kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000, ukuran ampelas ini aman.

Setelah itu lumasi dengan gemuk. Merek apa saja bisa, asal jangan merek Kurus, hehe. Selamat mencoba. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Hati-Hati Bongkar Baut Counter Super Kips Ninja 150RR

Tips Motor : Rawat Dan Pasang Ban Dalam, Awas Kejepit..!

Tips Motor; Ganjal Karet Kopling Ganda, Cukup 4 Ribu Perak, Ngaciriiiir Lagi..!

Tips Berkendara (Safety Riding); Mata Sebagai Pengumpul Data

Tips Motor: Beli Bensin Subuh Lebih Irit, Tak Perlu Korek Mesin?

Tips Motor; Paketan Bolt On Piston 58 mm Matik, Maknyus Untuk Harian

BAGIKAN