nhk

Tips Motor: Besihkan Kolong Motor Setelah Jalan Jauh

 

ManiakMotor – Motor dicuci macam mana pun, bagian kolongnya tetap saja kotor. Apalagi yang jarang dicuci atau sama sekali tidak. Maklum bagian itu sarang kotoran. Bukan sembarang kotoran, tapi kotoran kelas berat. 

Pokoknya semua model lumpur yang dilindas motor akan singgah di kolong motor. Macam motor sampeyan yang barusan diajak jalan jauh sampai kampung dan balik lagi ke kota alias mudik. Coba tengok kolongnya, waw… sisa kue basah lebaran pun nempel di situ. Makanya segera diusir dari pada menjadi biang karat.

Caranya mudah, bila diusir dengan cuci biasa nggak bisa, silakan lebih repot sikit. Ya repotnya karena jongkok untuk membersihkan kolongnya, kalau kolongnya ada knalpot seperti bebek ya sekalian disikat. Jongkoknya pun sambil tiarap yang bikin malas yang punya motor mencuci bagian ini dengan detil. Padahal bersih itu bagian dari iman, bersih itu sehat.

Lebih mudah lagi agar kotoran yang membandel macam kue tadi, gunakan minyak tanah dan sabun colek. Campurkan keduanya dan oleskan sembari dibantu sikat atau spon dan semacamnya. Tentu saja sembari disabun juga ada air cucian. Sifat minyak tanah dan sabun colek ini dengan mudah mengusir kotoran yang berminyak termasuk tumpukan bekas rembesan oli. 

Gampang kan. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor; Kohar Ninja RR Mono 250, Piston CBR 250, Tembus 33,7 Dk, Kem Std!

Tips Motor: Buang Angin Rem Hidrolik, Cegah Rem Blong

Tips Motor; Bikin Kiclong Bodi Sampai Bisa Ngaca

Tips Motor: Berkendara Malam Jarak Jauh Dari Ban FDR

Tips Motor: Bersihkan Filter Udara Injeksi Habis Jalan Jauh 

BAGIKAN