nhk

Tips Motor: Bikin Irit Bensin Dari Busi, Nggak Ada Ongkosnya

ManiakMotor – Biker boros? Yang ini susah menganalisanya. Tetapi kalau mesin boros maniakmotor.com lumayan tahu. Kalau disebut lebih tahu, takutnya gak tahu getu loh. Misal mengamati perilaku mesin boros dari busi. Boros tidaknya mesin, bisa dilihat dari pembakaran. Nah lebih mudah dari busi,” kata Danang Bowo Djatmiko, pemilik bengkel C-Duckz, di Yogyakarta.

Warna pembakaran busi hitam, itu boros. Campuran udara dan bensin tidak seimbang. Apalagi kalau kerak karbon ada di sekitar insulator dan massa busi. Mainjet kebesaran bisa dilihat dari massa busi yang menghitam. Sedangn pada eletroda positif (tengah) menentukan ukuran pilotjet. Ih, canggih yeee…

Walau begitu, jangan buru-buru menuding mainjet dan pilotjet. Sebab, “Biasanya terjadi pada motor setelah oversize yang sering mengeluh boros. Padahal spuyer tidak berubah dari standar. Bisa juga filter udara tak pernah dibersihkan, nah ini berpengaruh juga pada motor-motor injeksi sekarang,” lanjut pembalap dragbike itu.  

Ini juga berlaku buat injeksi dan karbu, yakni merapatkan setelan klep buang. Jika awalnya 0,08 mm, bisa dikurangi jadi 0,05 mm. “Meski sedikit, klep buang membuka lebih tinggi dan lama. Karena penumpukan karbon bisa disebabkan bukaan klep buang kelewat sempit.”

Kalau belum menunjukkan hasil maksimal, trik menurunkan posisi klip jarum skep bisa dipakai buat karbu. Nah, kalau memang busi masih menunjukkan gejala boros, barulah penggantian spuyer dipertimbangkan yang karbu. Kyai Pradah

BACA JUGA
Tips Motor; Cara Bikin Ngacir Mesin, Cukup Rp 4 Ribu Perak!
Tips Motor: Bohlam Lampu Sering Putus, Nih Caranya Awet, Nggak Pakai Ongkos Dan Bongkar
Tips Motor: Cara Darurat Hidupkan Mesin, Saat Kunci Kontak Hilang/Lupa
Tips Motor; Bikin CDI Jadi Jos, Tak Lebih RP 12.000
Tips Motor; Per Klep Korek Harian Modal Rp 15.000
 

 

BAGIKAN