nhk

Tips Motor; Bikin Kiclong Bodi Sampai Bisa Ngaca

 

ManiakMotor – Tunggangan kinclong pasti menarik perhatian. Apa lagi kalau bisa buat ngaca, weh pria mana yang gak bakal nempel, hehe. Itu namanya bening bro. Tapi, hati-hati melepuh, sebab kenalpot dengan kromnya juga kinclong. Aduh fuanas…

Langsung saja. Tips kali ini soal cara mengembalikkan fungsi varnish. Cat pelapis ini kalau masih baru, bisa buat ngaca juga. Tapi lama-lama akibat asam dan waktu, menjadi lesu alias memudar. “Sebenarnya sih tinggal poles, tapi cara itu kurang maksimal hasilnya, ucap Mang Dang, juru cat dan poles dari Tauco Custom, Kebagusan 99.

Makanya siapkan dulu peranti untuk membuatnya jadi bening. Yang pertama ampelas halus nomor 2000, compound poles, obat poles dan kain yang pori-porinya halus. Sebelum memulai, bisa didahulukan dengan berdoa sesuai agama masing-masing dulu, amin.

Seluruh bodi motor dicuci sebersih-bersihnya. Lanjut  diampelas dulu menggunakan nomor  2000, dibantu dengan air dan sabun colek. “Sabun ini membuatnya ringan diampelas, licin. Juga sabun mengurangi goresan pada bodi,” tambah  Mang Dang yang nggak pakai Dut.

Keringkan menggunakan kanebo, ingat!!! Sampai kering ya, agar tahap selanjutnya bisa lebih maksimal. Langsung  poles bodi menggunakan compound dengan media kain halus, sampai rata. Polesnya satu arah, kalau vertikal jangan coba-coba horizontal, bisa acak-acakan.  

Sebenarnya pakai compound saja, kilapnya sudah terlihat, tapi belum bisa untuk berkaca. Makanya tahap terakhir memoles menggunakan obat sesungguhnya obat poles. Maksudnya fungsinya untuk mengilapkan. “Kalau di Tauco Custom saya menggunakan Amway Silicon Glaze, hasilnya boleh di coba,” lanjutnya pada kimia yang sejenis KIT itu.

Silau man. Ghalib

BACA JUGA

Tips Motor; Modal Ban Dalam, Tetap Nyaman

Tips Motor; Thai Look, Taiwan Look, Cina Look dan Indonesia Look, Boleh Dicicil

Tips Motor; Ganti Sikat (Brush) Motor Starter Sendiri, Langsung Jreng!

Tips Motor; Membersihkan Knalpot 4-Tak, Modal Lakban Dan Oli

Tips Motor; Atasi Baret Pada Kaca Lampu, Cukup Main Kompon!

BAGIKAN