nhk

Tips Motor: Bikin ‘Lentur’ Karet Vacum Honda Beat/Vario, Tarikan Kembali Yahuuud !!

 Maniakmotor – Pada matic macam Honda Beat dan Vario lama yang masih pakai karbu model vacuum memang kerap timbul masalah. Yang sering skepnya ceket alias nggak mau ngangkat. Kalo sudah begitu buru-buru deh sampeyan tengokin karet skep vakumnya.

Biasanya disebabkan oleh karet vakum yang sudah mengeras (kaku). Fungsi karet tadi untuk mengangkat skep yang dihasilkan dari kevakuman udara pada bagian atas karbu. Nah kalo si karet sudah ‘kaku’ alias mengeras akan ‘lelet’ buat ngangkat skep.

Jadinya lari motor seperti nahan di putaran tengah. “Penyebabnya bisa karena faktor usia pakai yang sudah lama. Juga efek dari panas mesin termasuk kena cipratan bensin juga,” jelas Rudi mekanik HARD Motor Genteng, Banyuwangi di Jawa Timur.

Solusinya ya mesti ganti dengan yang baru. Namun sayang harganya lumayan mahal lantaran karet tadi dipaten dengan skepnya. Skep Beat atau Vario tadi dibandrol Rp 375 ribuan, itu untuk versi impor Japan. Sedang yang ori keluaran AHM sendiri dihargai sekitar Rp 80 ribuan.

Tapi tenang bro buat mengatasi masalah tadi Rudi mau berbagi tips. Sampeyan cukup sediakan bensin dan tiner, silahkan campur dua cairan tadi pada loyang/ember. “Perbandingannya 2:1. ( Misal 200 cc bensin dicampur dengan 100 cc tiner). Sekarang tinggal sampeyan rendam karet/skep tadi ke dalam campuran tadi kurang lebih 30 menit atau sampai karet tadi lemes kembali,” kata Rudi.

Buruan deh coba. Pasti karet vacum akan lentur menjalankan fungsinya.

BACA JUGA

Tips Motor: Kawasaki KLX Adventure Nol Paking Tembus 26 Dk, Wow!

Tips Motor; Oli Berubah Putih Melewati Banjir? Ini Sebabnya!

Tips Motor: Ilmu Ban Dari FDR Soal Load Index (Beban) Dan Speed Rating

Tips Motor: Radiator Yamaha Vixion Lebih Dingin Ke Mesin R25, Ya Benar…!

Tips Motor: Cara Ganti Sendiri V-Belt (Sabuk) CVT Honda Beat PGM FI

BAGIKAN