nhk

Tips Motor: Bikin Pemecah Karbon Knalpot/Kenalpot, Nilai Oktan Naik, Tenaga Tambah. Irit

 

ManiakMotor – Kabar gembira buat bikers menghadapi kenaikan BBM tahun ini. Nih dia, knalpot yang bisa bikin ngirit ngibrit motor kesayangan. “Sudah dipakai di motor balap sampai harian, hasilnya memuaskan,” kata Darojat, pemilik bengkel DRJ di Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Knalpotnya sih biasa, tetapi di dalamnya dipasang katalis pemecah karbon. Katalis ini bekerja dengan memanfaatkan panas gas buang. Uap bahan bakar yang melewati katalis ini dipecah rantai karbonnya jadi lebih kecil dan sederhana, sehingga lebih mudah dibakar dalam silinder

Misalnya begini, rantai karbon bensin terdiri dari campuran C7H16 (heptana) dan iso-oktana (C8H18). Setelah dipecah pakai katalis, rantai karbon setara dengan propana atau metana, tergantung suhu gas buang yang memanaskan katalis.

Bagusnya lagi, perubahan hidrokarbon itu selain memudahkan bahan bakar lebih cepat terbakar, juga mengubah komposisi kimianya. “Nilai oktan juga berubah, makanya tarikannya lebih enak, pembakarannya jadi bersih,” jelas pria asli Kudus, Jateng itu.

Cara pasangnya juga enggak rumit. Tabung bensin tambahan sekitar 300cc difungsikan sebagai bubbler atau pembuat gelembung. Uap bensin ini dimasukkan ke dalam katalis selanjutnya masuk ke dalam silinder lewat intake manifold.

“Saya pakai keran untuk mengatur jumlah gas yang masuk ke dalam silinder. Kalau pilot jet kekecilan, alat ini bisa dipakai untuk menutupinya,” lanjut pebisnis kost itu.

Darojat sudah memasang knalpot berkatalis ini di konsumennya. Mulai mesin 2 tak sampai 4 tak bisa pakai knalpot ini. Kalau mau pasang, hubungi 0818-266-715. Kyai Pradah

BACA JUGA

Tips Motor: Komparasi CDI Honda Tiger Buat Kohar, Ada Yang Bisa 24 Dk

Tips Motor: Seting Hemat Karbu PE, Satu Spuyer Untuk Semua Ukuran

Tips Motor: Cara FU Standart Porting Mudah Tembus 22 Dk, Ini Resepnya!

Tips Motor: Pasang Pulley/Puli Primer-Sekunder Honda Vario Ke BeAT, Napas Panjang!

BAGIKAN