nhk

Tips Motor; Bikin Tarikan Kawasaki Ninja 250 Fi Responsif, Murah..!

 

ManiakMotor – Ayo bikin Kawasaki Ninja 250 Fi tarikannya lebih beraksi.Caranya Throttle Body (TB) harus dilepas atau minimal terlihat katup katup kupu-kupu-nya. Katup yang sering disebut ‘koin’ ini yang bertugas membuka dan menutup udara pecampur bahan bakar.

“Untuk Ninja Injeksi koinnya ada dua pada pada tiap lubang. Lubangnya sendiri kan ada dua atau dua venturi,” kata Angga Kurniawan selaku juragan Anjany Racing di kawasan Jalan Panjang, Jakrat Barat yang sebagian banjir.

Koin bagian pertama atau yang dekat dengan intake bekerja menurut putaran selongsong gas. Makin dalam pelintirannya maka koin akan membuka semakin besar. Tapi jadi percuma karena aka koin kedua yang posisinya dekat filter udara tidak menuruti bukaan gas. Doski diperintah ECU (electronic control unit) lewat TPS (throttle position sensor).

Katup kedua ini tidak akan membuka penuh bila ECU tidak mengirim sinyal, meski pergelangan sampeyan sdampai sebadan-badan sebelah kanan ditekuk habis. Teknologi ini digunakan agar konsumsi bahan bakar lebih irit, makanya jarang terbuka habis.

Agar tarikan oke alias responsif maka bisa diakali. Caranya membuka koin kedua tersebut. Mudah tinggal dicopot baut pengikatnya.Dengan hilangnya koin kedua tadi, maka asupan bahan udara yang masuk tidak berpengaruh pada TPS alias pelintiran gas yang mengatur banyaknya udara yang masuk. Namun jangan kaget jika ternyata pemakaian bahanbakar lebih boros.

Namanya juga mau kencang dan enak, ya bayar lebih dong. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Libas Banjir Tanpa Biaya

Tips Motor: ‘Resolusi’ Kopling Ganda/Sentrifugal Slip

Tips Motor ; Papas Kampas Rem Untuk Cakram Yang Berumur

Tips Motor; Periksa ‘Air Cut Valve’ Honda Karisma atau Supra X 125

Tips Motor: Bikin Treker ‘Cabut’ Gigi Timing Bawah

 

 

 

BAGIKAN