nhk

Tips Motor: Bikin Treker ‘Cabut’ Gigi Timing Bawah

Maniakmotor – Banyak mekanik balap yang geser-geser gigitiming bawah, tujuannya buat mainin waktu buka-tutup klepnya maudibikin lebih awal atau telat membukanya. Atau ketika gigi tadi rusakdan diganti ya harus copot krukasnya. Meski kelihatan dari luar, tuh gigi tetep saja ‘ngeyel’ saat dicopot. 

Biar nggak turun mesin ya harus pakai treker khusus. Namun treker jarang bengkel yang punya. Apalagi bengkel pinggiran dan sampeyan sendiri yang hanya modal tang dan kunci inggris, hehe. Nah coba nih akal-akalan treker yang bisa dibuat sendiri. 

“Modalnya menggunakan treker magnet Yamaha Vega atau Jupiter Zsaja. Treker magnet ini hanya digabung dengan tiba baut 12 yang panjangntya 10 cm. Niscaya sudah bisa mencabut gigi,” beber Masrukin, pentolan Kin’s Motor Jember, Jatim.Tentutrekernyaharus sedikit dimodifikasi, kan sslinya buat copot magnet

Ketiga buah baut 12 harus digerinda sikit pada bagian kepala baut agar pas di ‘got’ gigi timing, Juga nggak mentok dirumah laher kruk as. Jadinya baut tadi dipasang terbalik dibadan treker magnet. Biarnggak bingung pantengingambarnya deh. 

Cara ini sedikit ribet tapi Masrukin mau mendemonstrasikan langsung triknya ke reporter. Si reporter menuangkan dalam tulisan dan foto, ya moga-moga bermanfaat buat sampeyan yang klik. Kebetulan doi lagi bongkar mesin Jupiter Z. 

Sebelumnya sediakan karet ban bekas dan kawat. Rangkai treker lalu ikat ketiga baut 12 dengan karet biar mudah saat menata posisi kepala baut yang telah digerinda, tadi. Kencangkan trekerpelahan dengan tangan dulu. Pastikan posisi kepala baut sudah benar barulah diikat kuat dengan kawat agar posisinya tidak bergeser atau lepas saat dapat beban. 

Sekarang kencangkan treker dengan dua buah kunci pas dan kurung 22 maka gigi timing akan tertarik dengan teratur keluar. Jadi tidak merusak bagian-bagian yang lain. Namanya juga treker. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Kenyamanan Duduk Bisa Ditur Dari Modif Jok

Tips Motor; Kamuflase Mika Spidometer Retak-Retak Atau Regas Jadi Mulus

Tips Motor: Saling Tukar Rantai Keteng/Kamrad, Mau Hemat Dan ‘Kuwat’

Tips Motor; Berkendara Jangan Asal Tancap, Cek Motor Dulu Bro

 

 

BAGIKAN