nhk

Tips Motor, Bore-up Mio Harian 150 cc, Pakai Piston GL-Max, Murah..!

 

 

Maniakmotor – Bore-up harian Yamaha Mio 150 cc sudah jamak untuk penyuka tarikan responsif. Memang ada hasilnya, kan kapasitas makin besar. Cabut-cabut Mio makin wenak di ajak boncengin ibu-ibu ke pasar.

Buat buntingin eh buncitin silinder Mio tadi, pistonnya tidak perlu beli produk aftermarket yang muahal. Tip yang ini pakai saja piston ori Honda GL-Max Neotek yang sudah barang tentu lebih murah. Eits jangan salah, mesti murah kualitas  nggak murahan, tahan banting coy.

Buktinya telah banyak yang sudah pasang, makanya portal ini tahu. Pemasangannya juga mudah lantaran diameter pen piston GL-Max tadi persis Mio yang 15 mm (gbr-1). Tapi tetap, buat pasang piston tadi nggak langsung plek, perlu beberapa penyesuaian. Mau murah ya musti sedikit otak.

Tentukan dulu Mio sampeyan mau dibikin berapa cc? Diameter piston standar GL-Max 56,5 mm (oversize nol). Dihitung dengan rumus vulume silinder ketemu 145 cc. Jika mau menggenapkannya jadi 150 cc yang dibeli oversize 100. 

Bawa blok ke tukang bubut buat ganti liner asli Mio dengan yang lebih gede, “Gunakan boring GL-Max juga (gbr-2), diameter luar boring 62 mm klop dengan lubang blok di crankcase Mio, tidak perlu dibesarin lagi. Kolo saat blok dipasang rada seret bisa dikikis sikit pakai pisau tuner,” jelas M.lutfy bos Taman Motor Genteng Banyuwangi, Jatim.

Piston GL-Max perlu penyesuaian agar aman saat dipasang.Bagian pinggir atas piston digerus 2 mm agar piston nggak mentok head saat TMA (gbr-3), begitu juga ekornya dipapas 2 biar tak mentok daun kruk-as (gbr-4). Sekalian jidadnya dibikin dome kayak piston racing beneran, tapi ingat bila diameter klep masih standart cukup 1 mm biar masih bisa minum premium (gbr-5). Juga mesti bikinin alur klep baru di puncak piston, bila masih pakai noken as standar kedalamannya kira-kira 3 mm (gbr-6).

Bikin sendiri juga oke, tuh tips bikin coakan klep juga ada, tinggal klik ! dijamin gratis..tis..tis..tulisannya juga nggak bakalan luntur/sobek kayak di kertas. Lanjut ke bagian cylinder head, squish ruang bakar kudu dilebarin ikut diameter piston biar kompresinya nggak kegedean, sehingga terhindar dari detonasi alias ngelitik.

Tetakhir biaya pasang piston GL-Max ini mulai dari beli piston set(piston, ring, pen), ongkos tukang bubut dan mekanik kira-kira habis Rp 500 ribuan. Masih mendingan lah, daripada pake piston racing beneran baru dapet piston doang. 

BACA JUGA

Tips Motor: Atur-atur Power RX-King Lewat Squish Area!

Tips Motor; Mio Getar, Dilumasi Biar Tidak Gemetar

Tips Motor; Merawat Chrome/Krum Dan Metal Kinclong, Hanya Pakai Bedak

Tips Motor; Merawat Tutup Tangki, Bersihkan Saluran Pernafasan

 

 

BAGIKAN