nhk

Tips Motor: Buang Angin Rem Hidrolik, Cegah Rem Blong

 

ManiakMotor – Tahu kan sistem rem hidrolik? Rem ini  memanfaakan fluida cair atau biasa di sebut minyak rem. Biasanya kalau sudah cakram pasti ada master rem bawah dan atas, nah itulah rem hidrolik. Biasanya juga sistem rem hidrolik terganggu bila terdapat udara yang terperangkap yang disebut angin palsu.

Sifat udara palsu ini bila terkompresi saat tuas rem ditekan piston rem tidak langsung bergerak menekan kampas rem, lantaran kompresinya yang kosong. “Otomatis pengereman tidak maksimal bahkan bisa menyebabkan rem blong,” cerita Ahak dari Ahak Motor di Tanah Abang, Jakarta Pusat.  

Mendeteksinya mudah saja apabila jarak main handle rem sudah terlalu dalam atau terlalu jauh. Itu  tandanya membuang angin alias bleeding rem hidrolik. Caranya mudah tak perlu repot ke bengkel  langganan tinggal siapin aja sebotol kecil minyak rem, obeng +, selang ukuran kecil berwarna bening/selang pembuangan aki, dan kunci ring 8.

Simak tahapannya berikut.  Masukan atau sambung selang bening tadi dengan baut niple. Baut ini terdapat pada kaliper. Ingat ya, selang bening harus seukuran persis dengan ujung baut niple.

Kocok handle rem lalu tekan dan tahan. Setelah itu kendurkan baut niple pada kaliper menggunakan kunci ring 8, sampai terlihat minyak rem mengalir. Jangan lepas dulu handle remnya. Kencangkan dulu baut niplenya dan jangan sesekali mengocok handle rem saat baut niple sedang kendur, bila tidak yang ada malah masuk angin bukan buang angin.

Ulangi lagi cara seperti di atas, tentu sembari membuka master rem atas. Setiap kali dikocok kan minyak rem ikut terbuang, ditambah terus minyak remnya pada master atas. Perhatikan selang sampai tidak terdapat lagi gelembung udara yang keluar bersama minyak rem dari ujung niple. Pokoknya saat minyak rem dibuang, ia sudah utuh nggak putus-putus seperti hp habis pulsa.

Sangat mudah kan. Tapi kalau mau lebih lanjut lagi klik ini; Tips Setel Minyak Rem, Sampai Muncrat…. Iver

 

 

BACA JUGA

Tips Setel Minyak Rem, Sampai Muncrat….

Tips Motor; Bikin Kiclong Bodi Sampai Bisa Ngaca

Tips Motor: Berkendara Malam Jarak Jauh Dari Ban FDR

Tips Motor: Bersihkan Filter Udara Injeksi Habis Jalan Jauh

Tips Motor: Cara Merawat Kick Starter Matic

BAGIKAN