nhk

Tips Motor; Cara Akali Kopling Berat Honda Tiger, Ganti Punya New Mega Pro

 

 

 

ManiakMotor – Gesekkan berlebih antara kabel dan sarung kabel kopling Honda Tiger penyebab beratnya tuas. Apalagi bila jarang dirawat atau diberi minyak berkala. Struktur tikungan atau belokkan juga ada ulir sambuangan yang  bahannya metal, penyebab gesekkan antara kabel dan sarung lebih banyak.

Semakin banyak gesekkan karena kotoran dan karat metal sarung dan kabelnya akan terluka, ya sudah makin berat kopling diremas. Siasatnya ganti kabel kopling dengan bawaan Honda New Mega Pro (NMP). Milik NMP tanpa belokkan di ujung kabelnya sehingga akan minim gesekan. Langkahnya beli nggak pinjam apalagi minta kabel NMP, harganya kopling NMP yang komplet  RP 38 ribu.

Sebelum dipasang lumasi dulu dengan oli mesin pada celah antara kabel dan sarung. Tentu saja bagian dalam yang dilumasi, masak bagian luar. “Pelumasan ini untuk jaga-jaga. Tetapi ya kira-kira enam bulan sekali dibongkar dan dicuci dengan dengan bensin lalu dilumasi lagi,” kata Topo G Atmojo dari Tauco Custom yang saban memodifikasi Tiger langsung ganti perangkat ini dengan NMP.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tinggal ganti kabel kopling lama dengan yang baru, tidak usah melakukan penyesuaian, karena panjangnya relatif sama. Tinggal dipasang dan disetel menurut kenyamanan menarik tuas kopling. Cara ini bisa diaplikasi pada semua motor dengan kabel kopling yang memiliki tikungan tajam pada bagian setang dan mesin. Adit

BACA JUGA

Cara Pilih Kenalpot – Knalpot Racing Harian, Perhatikan Diameter Dalam Lehernya

Satria FU Skir Klep, Nggak Ganti Shim

Celah Piston Terhadap Dinding Silinder Motor Korekan 4-Tak

Cara Rawat Rem Cakram, Cek Karet Braket Kaliper

Karet Vakum Karbu Motor; Ampun… Jangan Kena Bensin Melulu, BBM Mahal, Bro..!


BAGIKAN