nhk

Tips Motor; Cara Atasi Lampu Sein Mati Sebelah

 

 

ManiakMotor – Lampu sein ibarat sepasang mata, bila mati sebelah malah macam Captain Hook si bajak laut dalam cerita Peterpan. Jangan anggap enteng masalah itu bro, bisa fatal akibatnya, dikira bajak laut sampeyan. 

Intinya salah satu peranti isyarat pada motor pincang, ya repot mau belok. Kecuali nggak pernah pakai lampu sein. Mirip dialami Saryono saat akan mudik tahun lalu, “Makanya,  pastikan semua kondisi baik termasuk lampu sein. Bukan hanya dibutuhkan mudik lebaran, tapi sehari-hari,” bilang karyawan swasta yang sedikit paham kelistrikan motor dan mengajak periksa penyabab lampu macam itu. Kalah dong, penulisnya.Hehehe.. 

Menurut Saryono yang diperkuat oleh Edi Santausa dari Shan Motor Sport (SMS) di Banjarnegara, Jateng, masalah sein bisa disebebkan beberapa hal yakni flasher, tombol sakelar, sambungan kabel, kondisi aki dan bohlam. 

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

“Flasher adalah komponen yang bikin lampu sein bisa berkedip, bila komponen ini mati arus yang masuk tidak diteruskan ke sein,” jelas Edi sambil sebut harga flasher tak lebih dari sebungkus rokok, hanya Rp 12 ribu-an.  Lalu, bagaimana seumpama sein kanan mati, sein kiri hidup? 

“Hubungkan langsung antara kedua kabel yang masuk ke flaser dan kemudian geser tombol sein kanan yang mati tadi. Jika hidup tapi tidak berkedip maka dipastikan flasher rusak tapi jika tetap sama saja ada kemungkina lain,” jelas Edi seraya mengajak cek kondisi tombol sakelar apa terdapat kotoran atau aus dengan cara buka saklear lalu bersihkan dengan cairan khusus (bila ada kotor dan aus) 

Lalu, cek juga sambungan antar kabel (putus atau nggak) dan aki.  Khusus membersihkan aki sendiri, akan dibahas di lain tulisan ya. “Eit, jangan lupa juga perikasa bohlamnya, jangan-jangan memang sudah putust,” tutup Edi. 

Selamat mencoba! Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Cara Bikin Lampu Utama Terus Terang

Tips Motor: Salah Pasang Rem Cakram Besar, Malah Blong

Tips Motor; Korek Harian Subtitusi Part Standar, Murah Gan…!

Tips Motor; Korek Harian Yamaha New Vixion, Reamer Throttle Body Versi BRT

Tips Motor; Tabel Shim Celah Klep Suzuki FU, Lengkap Tuh..!



 

 

BAGIKAN