nhk

Tips Motor; Cara Atasi Suzuki FU Susah Hidup, Ganti Pilot-Jet

ManiakMotor Mesin besar dan 4 katup (DOHC), Suzuki Satria FU juga ada kelemahan. Susah hidup jika mesin dingin atau lama tak diaktifkan. Pernah dialami Hendra Kecil, joki kondang drag bike asal Magelang, Jawa Tengah. FU yang dimaksud bukan spek balap yang dipacunya, tapi buat wira-wiri di rumah atau FU standar.

Katanya, sering dan dan sering bangat agak sulit  hidup, memang intensitas penggunaannya nggak terlalu tinggi buat bocah itu. Serupa dialami Haryono, petugas keamanan di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng pada FU 2012 miliknya. Wuiiih, petugas keamanan saja punya FU, kepala sekolahnya pasti punya moge tuh. 

Menurut Eko Penglenk, mekanik tim SPRW San Carlos PS yang paham seluk beluk FU, udara lebih kaya dari pada bensin di saat dingin. Disebabkan pilotjet pada karburator Mikuni BS 26 standarnya kurang besar. Ukuran pilotjet standar12, 5,” jelas Eko yang punya FU Tune-Up dengan joki AP Monyong itu.

Solusinya? Ya, paling gampang menaikkan pilotjet lebih besar. Yakni antara 15 sampai  17,5. Boleh pakai pilotjet Suzuki Smash (15) atau Suzuki Shogun (17,5). Silakan juga aftermarket seperti merek Extreme dan KTC seharga Rp 20-25 ribu. Yang penting pilot-jet yang cocok dengan Mikuni.

Nah sesuaikan ulang setelan anginnya. Caranya panaskan mesin sampai suhu ideal. Lalu putar gas kira-kira 2.000  sampai 3.000 ribu rpm. Putar ke kanan setelan angin sampai mentok pasti rpm akan turun dan pertahankan mesin tetap hidup. Bila baru diputar 1 kali (180 derajat) rpm sudah tinggi, itu pilot-jet kekecilan. Tapi saat diganti tadi ya pasti baru meninggi dua kali putar atau 2 x 180 derajat, lebihkan sedikit.

Sebenarnya sih, motor sulit hidup di waktu dingin sudah disediakan cuk atau choke. Peranti ini memang untuk menghambat angin dan memberi peluang besin lebih kaya, sehingga motor gampang hidup. Tapi konsumen cenderung mengeluh, bila sudah dicuk artinya motor kurang sehat. Nah itu salah. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Setting Sederhana Spuyer Korek Harian

Tips Motor Drag Bike Pilih-Plih Power Band Mesin 130 Cc – 200 Cc

Tips Motor; Kebanyakan Oli Samping (Campur) 2-Tak, Malah Mesin Macet, Ngoook..!

Tips Motor; Usir Berisik Rantai Keteng Suzuki FU

Tips Motor; Baut High Class, Rp 1.8 Juta, Bak Kopling Saja

 

BAGIKAN