nhk

Tips Motor: Cara Bersihkan Filter Udara Honda Beat PGM-FI

 

ManiakMotor – Di era injeksi satu-satunya yang sering diperhatikan adalah filter udara. Seperti Honda Beat PGM-FI. Bila filter udara Beat selalu bersih akan terhindar dari akselerasi berat,  mesin panas dan akhirnya bensin boros.

Namanya juga filter udara. Tugasnya  penyaring hawa agar homogen mencampuri bahan bakar ke mesin. Pada Beat PGM-FI ini, jenis filternya basah. Dari kasat mata bentuknya hampir sama dengan jenis kertas kering. Yang basah memang benar-benar basah dengan pelumas. Pelumas khusus filter ini untuk menangkap debu jangan sampai lolos ke ruang mesin.

Menurut Aan R, seorang mekanik AHAS di Pondok Labu, Jakarta Selatan, filter basah tidak bisa dibersihkan secara sembarangan. Kalau sembarangan dicuci dengan besin, jadinya kering, kadungan pelumasnya hilang. “Caranya pukul-pukul kecil filter udaranya sembari debu terusir. Dilap dan dikuas ringan juga bisa,” jelas Aan yang telah mengabdi pada AHAS tersebut sejak 2009.

Yang jelas filter ini diwajibkan ganti setiap 10.000 km sampai dengan 15.000 km atau tergantung pemakaian motor. Bila motor setiap saat lewat jalanan berdebu yang tidak di aspal misalnya, filter dibersihkan sesering mungkin. Misalnya setiap 2.000 km dan belum sampai 10.000 km diganti. Kalau sering lewat aspal mulus nggak ada debu pembersihannya bisa ditunda yang disebut di atas. 

Nih cara bongkar filter Beat PGM-FI yang sangat mudah dan sengaja posisi berada di samping kiri bawah jok atau di atas giboks matiknya . Cari parkir yang agak luas. Posisikan Beat dengan standar tengah. Buka tutup filter udara dengan cara membuka lima baut menggunakan obeng plus (+).  Bila tutup filter sudah terbuka tinggal keluarkan filternya dari rumahnya.

Silakan membersihkan seperti cerita di atas. Jika terlalu kotor oleh debu ya sebaiknya diganti. Maksudnya debunya sudah tak bisa diusir dan warna filter sudah berubah debu. Selanjutnya tinggal merangkai ulang. Ya begitu memang mesin injeksi saat ini yang cukup membersihkan filternya. App

BACA JUGA

Tips Motor: Radiator Diisi Air Biasa? Boleh Saja Kalau Darurat..!

Tips Motor: Tanda-Tanda Tali Kopling Akan Putus!

Tips Motor: Setting Udara Dan Bahan Bakar Pasca Ganti Knalpot Racing

Koil TK Racing: Lebih Tajam Dari SE, Angkat 1 Dk Semua Motor Standar Karbu, Rp 150.000

 

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353