nhk

Tips Motor: Cara FU Standart Porting Mudah Tembus 22 Dk, Ini Resepnya!

 

 

ManiakMotor Bawaan pabrik Suzuki FU 150 ‘hanya’  14 dk, bisa dibikin 22 dk dengan ‘mudah’. Ya mudah buat mereka yang ngerti. “Resepnya pada high velocity porting. Aliran udara yang kuat pada lift klep rendah bawaan pabrik yang 6,7  mm.  Aliran udara yang besar dengan kecepatan rata-rata 15 ft/sec tak butuh kompresi tinggi memadatkan di ruang bakar,” buka Swega dari RAT Motor Sport seraya sebut resepnya telah diuji pada FU milik mahasiswa teknik elektro ITS, Surabaya, Jatim.  

Aliran tadi, bukan sembarang aliran, memang sih nggak sebut sesat. Dia ekstra kuat yang diciptakan awal oleh karburator PE28. “Standartnya aliran ini ada pada 10 ft/sec. Torsi  dan mulurin peak power dari knalpot free flow. Intinya, 22 dk tadi dari jelinya setting karburator di atas dyno dan pemilihan knalpot,” urai Swega yang sebenarnya langkah ini sudah digunakan para pengguna harian dengan mengganti kenalpot std racing dan kadang ganti karbu.

Kalau urusan porting kan para pengendara harian belum berani, makanya belum sampai ke 22 dk. Nah sekarang coba-cobalah merusak, hehe. Namanya coba-coba nggak ada yang langusung jadi. Makanya serahkan pada ahli korek. Lanjut, porting didesain aliran baru. Area yang bertemu intake manifold dibentuk radius 1 mm.

Langkah itu seperti dijelaskan David Vizard dan dibuktikan mesin flowbench bahwa model porting seperti ini mampu mengisap udara dari banyak area. Seolah-olah velocity stack, jadi debit di ruang porting semakin padat.

Pada bowl area dan seating klep langsung dileburkan dengan porting. Samping kiri-kanan bosh klep dibuat 0,90% dari diameter klep yakni masih kisaran 20 mm. Bila pakai 100%, powerband bergeser di rpm atas dan butuhn kompresi di atas 12:1 untuk dinyalakan.

Hitungan porting itu, masih relatif kecil. Pertimbangannya enak untuk harian. Putaran  bawah bukan jadi kurban seperti nanti tanggal 5 Oktober 2014 pada potong sapi dan kambing. “Diukur di meja flowbench menunjukan peningkatan optimum 65 cfm, itu pun sudah dapat 22 dk. Noken as standaryang ditata ulang pada shim-nya. Bisa saja melejit setara Indoprix jika kompresi ditekan tinggi dan dan durasi kem dimainkan. Hehe,” kekeh Swega yang makin sumringah lantaran bisnisnya lancar jaya.

Kelar porting, punggung klep dibubut ulang membentuk 30o. Angka ini juga didapat dari riset meja flowbench, karena perbedaan sudut akan menghasilkan efek velocity udara keluar dari porting menuju ke silinder.”Setingan spuyer pilot jet 52/main-jet 122. Kampas kopling pakai Suzuki RGR dan kanlpot WRX 150 cc drag tipe oval,” promo Swega yang bisa dikontak di 081231080940 untuk konsultasi atau langsung diorder dan alamatnya Jln. By Pass 17, Juanda, Sidoarjo, Jatim itu.  

Iya, kalo langsung diorder kan nggak pusing lagi bro, bacanya. Wkwkwk.. Oke deh! Ardel

BACA JUGA

Tips Motor: Pasang Pulley/Puli Primer-Sekunder Honda Vario Ke BeAT, Napas Panjang!

Tips Motor: Cara Atasi Tarikan Awal CB150R SreetFire Yang Kasar (Ndut-Ndutan), Torsi Naik..!

Tips Motor: Tambal Ban Tubles Darurat, Hanya Pakai Tepung

Tips Motor; Cara Pasang Cover Kliper Rem

 

BAGIKAN