nhk

Tips Motor: Cara Ganti Kampas Sentrifugal Matic

 

 

ManiakMotor – Salah satu yang nggak bikin enak tarikan pada matik yang menggunakan CVT adalah kampas sentrifugalnya. Di matik sih disebut kampas ganda, katanya begitu. Peranti ini menyatu dengan puli belakang dan bekarja sejak di atas 800 rpm.

Dari kampas inilah CVT bergerak lewat perintah putaran mesin sesuai gaya sentrifugalnya untuk mengembang. “Bila kampasnya aus akibat penggunaan, ya reaksi CVT juga berkurang. Biasanya 1000 rpm sudah dapat tenaga enak, kalau kampasnya aus, putaran mesinnya dapatnya lebih tinggi lagi. Kan posisi kampas menjauh dari dinding mangkonya. Standar pabrik sih menggantinya setip 25.000 km,” jelas Bambang Tablo dari Bill Speed di kawasan Cinere Raya, Depok.

Tanda-tanda ausnya kampas ini juga bisa dideteksi dari bunyi tak sedap saat dipakai.  Paling utama lagi tarikan juga melemah. Ayo langsung kerja sendiri diri tanpa harus membawa motor ke bengkel. Yang harus disiapkan adalah kampas ganda, tapi jangan beli dulu mari dibongkar untuk memastikan ketebalannya. Kalau masih tebal cukup diberishkan,

Yang disiapkan adalah kunci T8, treker untuk membuka mangkok kampas ganda, kunci sok/ring 19 dan kunci khusus membuka baut 34, kalau ndak ada kunci inggris juga bisa. Langsung buka baut 8 bak CVT menggunakan T’8.

Gunakan kunci 19 untuk membuka di bagian mangkok, pakai treker untuk penahanan mangkok berputar. Jika sudah, tinggal tarik mangkoknya dari dudukannya. Setelah mangkok terlepas, maka tarik bagian kampas lalu tekan  “seleding/rumah kampas” agar posisi sabuk pada puli akan kendur. Tarik rumah kampas agar mudah melepas sabuknya.

Buka baut ukuran 34 menggunakan kunci khusus seperti  yang ada di gambar untuk melepas pegangan puli. Sekarang tinggal melepas kampasnya. Sebelumnya ukur dulu ketebalan kampas bila masih di atas 2 mm, ya masih bisa dipakai, cukup diberishkan. Kampas yang baru tebalnya 4 mm. Kurang dari 2 mm apalagi tinggal 1 mm, harus beli baru. Maka lepas tiga pegas dan tiga spi kampasnya. Spi ini memang ada tang khusus, toh dicungkil pakai obeng pelat juga bisa, tapi hati-hati melejit. Sekarang tinggal pasang kampas baru. Dun

BACA JUGA

Tips Motor: Bikin Jalur Oli Mesin Mio Lewat Paking Karter, Mesin Adem

Tips Motor: Paket Kuat Komponen Performa Kawasaki KLX150L/S From TK-Racing

Tips Motor: Atur Squish Area 4 Tak Buat Kohar, Liaran Dan Dragbike

Kopling Set KLX150 TK Racing: Kuat Untuk Adventure, Trabas Dan Grasstrack

Tips Motor: Perbesar Pengapian Paka Relay, Ayo Coba, Modal Murah Bangat!!

 

 

 

 

BAGIKAN