nhk

Tips Motor; Cara Karburator Standar Jadi Joss, Hanya Main Lem..!

tip lem karbu-1
Perhatikan venturinya yang sudah dilem

ManiakMotor – Karbu racing mahal bro. Yang punya duit gak papa, yang gak punya uang, ya minta mama. Maksudnya, yang nanhadong hepeng atau kantong kempes kudu kreatif. Cukup hanya mainkan lem, tuh karbu sampeyan bisa joss. Percaya atau tidak, ya baca terus dong.

Sediakan lem

Pertama, di area corong karbu bagian depan. Trik ini cocok buat karbu model ‘tradisional’. Corong karbu tidak murni kerucut, tetapi masih ada tonjolan-tonjolannya. Saat udara mengalir yang kecepatannya bisa mencapai 120 m/detik, tonjolan ini bikin turbulensi aliran ngaco. Turbulensi bikin pengukuran udara dan bensin di venturi kacau balau.

Buat menghilangkan benjolan-benjolan ini ditutup pakai lem besi. Sebelum mengelem, tutup dulu lubang udara (air jet) pakai lidi. Lalu ratakan lem. Tunggu lem mengering, cabut lidinya. Pokoknya jangan sampai lidi tumbuh jadi kelapa di situ, ya asalnya lidi. Setelah itu bentuk corong mengerucut sampai pada venturi. Bisa pakai bor tuner, atau minta bantuan tukang bubut biar  lebih rapi.

Sebelum kering langsung dipasang

Trik ini mampu menaikkan debit udara yang masuk ke dalam mesin tanpa harus memperbesar venturi. Udara yang ke situ bulat, nggak benjol-benjol lantaran benjolan tadi sudah diratakan. Kedua, mengelem bagian pengukur bensin. Ada dua bagian utama, yakni bagian nosel dan bagian pilot-jet. Lem yang dipakai pakai jenis lem sebaguna macam, Alteco, Powerglue atau lem G.

Caranya, pereteli karbu, lepas bagian nosel dan sambungannya. Lakukan hal serupa dengan pilot-jet. Lalu oleskan merata lem itu ke ujung sambungan dan nosel serta pilot jet. Saat lem masih basah, pasang kembali di tempatnya.

Saat kering, komponen ini akan sangat rapat dengan badan karbu dan lubang-lubangnya. Bensin mengalir sesuai kevakuman yang dihasilkan venturi dan mesin. Kebocoran udara atau bensin yang mengganggu pengukuran bisa dikurangi. Hasilnya, pengabutan jauh lebih presisi. Yakin deh irit dan ngibrit, cobalah brosist!  Sebab ini bukan lembiru, lempar yang lama beli baru. ManiakMotor

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353