nhk

Tips Motor: Cara Merawat Kick Starter Matic

 

ManiakMotor – Jarang rawat kick starter, pastilah macet. Disebut macet saat ditendang tak akan akan balik. Atau bahkan ditendang pun sudah berat. Karena pada bagian starter telah jadi sarang pasir, sarang debu, dan sarang kotoran terbawa air hujan, air genangan bahkan air pencuci motor itu sendiri.

Cara merawatnya sih mudah sekali. Bisa dilakukan di rumah sendiri. Makanya sebelum berangkat mudik, boleh baca tips sederhana dan mudah ini. Macam yang diperagakan pada Yamaha Mio J atau Mio GT. “Cukup sediakan pembersih dan gemuk,” jelas Erick, mekanik yang membuka bengkel di daerah Ciledug, Tangerang, Banten.

Langkah pertama sih membuka bak filter udara yang berada tepat di atas bak CVT. Tentu membukanya sesuai yang mengikat bak filter. Tujuan membuka bak filter terlebih dahulu, karena sebagian baut untuk membuka bak CVT tertutup oleh cover/bak filter tersebut. Tinggal teruskan membuka baut baut pengikat cover Cvt dengan kunci T8.

Setelah melepaskan baut bak CVt, tarik baknya dari dudukannya. Setelah bak atau cover CVt terlepas sudah kelihatan starter shaft, giginya dan pegasnya. Bersihkan wilayah ini sembari disiram dengan bensin dan kuas sampai bersih.  “Habis itu tinggal diberi gemuk secukupnya. Jangan banyak-banyak nanti malah mengundang debu,” tambah Erick.

Nah merakit ulangnya gampangkan. Pokoknya kalau ketemu starter tending nggak mau balik, persoalan cuma di situ. Sudah ditumpuki kotoran. Rzk

BACA JUGA

Pakai Kopling Set TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 1,5 DK, Torsi Naik 0,75 Nm, Koplingnya Kuat (3)

Tips Motor: Usir Bunyi Jedag..Jedug.. Honda Beat Fi, Modal Dua Kunci!

Tips Motor; Korek Murmerceng (Murah Meriah Kenceng) MP4 Tembus 22 dk

Pakai Karburator TK Racing: Kawasaki KLX150S STD Naik 3 DK (2)

BAGIKAN