nhk

Tips motor; Cara Mudah Memperbaiki Aki Soak/Rusak Yang Kurang Setrum

 

Maniakmotor – Tanpa aki yang ada setrumnya itu, motor sekarang nggak bisa apa-apa. Apalagi yang injeksi yang ECU-nya bekerja lewat perintah sensor-sensor. Bila voltase aki menurun atau bahkan soak, sampeyan siap-siap saja keringatan. Keringat buat dorong motor pastinya.

Kian ke sini kualitas aki dikeluhkan kendati pada motor yang baru setahun, bahkan kurang dari itu. Mendadak tegangan akinya turun. Anehnya lagi sudah pakai aki jenis maintenence free alias aki kering. Aki tanpa perawatan yang katanya lebih awet dan tahan bertahun-tahun ketimbang aki basah.

Ah dari pada banyak ngomong mending coba praktekin tips ini dahulu pada aki kering yang melorot tegangannya. Siapa tahu akinya masih bisa diperbaiki. Lumayan lah bisa buat menghemat pengeluaran sambil nunggu gaji. Iseng-iseng pengetahuan juga tambah dari pada diam di rumah kan.

Siapkan air accu/aki (bukan air zuur), jarum suntik, kater  dan solder. Buka penutup aki yang terletak pada bagian atas aki menggunakan kater (gbr-1). Setelah terbuka akan terlihat ada 6 buah lubang. Masing-masin lubang tadi diisi air aki menggunakan jarum suntik kira-kira 10 ml untuk setiap lubangnya (gbr-2).

Fungsi air aki ini untuk mencairkan jel aki kering yang sudah mengering atau mengental. Jel ini bila di aki basah sama saja dengan air aki untuk mendinginkan sel-sel aki. Lanjut, setelah selesai pasang kembali penutupnya. Aagar air aki tidak mudah meluber rekatkan dengan dengan solder penutupnya (gbr-3). Sekarang silahkan diisi lagi settum akinya di tempat pengisian aki (gbr-4).

Ingat proses perbaikan ini tidak selamanya berhasil, tergantung dari kondisi sel aki itu sendiri. Untuk mengetahui suksenya tips, silakan cek tegangan aki setelah proses charging dengan multitester atau avometer, bila tegangannya lebih besar dari 12,4 volt, artinya aki bisa digunakan kembali. Kurang dari itu terpaksa deh pergi ke toko sparepart sebelah buat beli aki yang baru. Waduhh?? GS

BACA JUGA

Tips Motor: Beda Modul Gigi Primer Model Lurus vs Miring, Gigi Lurus Torsi Besar Akselerasi Kuat

Tips Motor, Kopling Satria FU Pakai 6 Lembar Kampas, Mantap Tarikan Hariannya, Pak..!

Tips Motor: Cara Rawat Sil Dan Laher Roda

Tips Motor; Usir Bunyi CVT Matik, Modal Koran Bekas

 

BAGIKAN