nhk

Tips Motor; Cara Pilih Filter Udara Berdasarkan Material, Hemat Bensin Dan Kencang..!

filter-udara-canggih-2

ManiakMotor – Filter udara masa kini macam-macam. Desain dan materialnya ini dan itu. Terutama bahan yang menentukkan dalam penangkap kotoran sambil mengirim udara yang sesuai ke ruang bakar.  Kian bagus materialnya, manajemen kadar udara yang dibutuhkan untuk jadi homogen dengan besin.

Dibalapan resmi atau liaran, pembesaran venturi berarti minta peningkatan udara. Material pertama dan tertinggi dan teruji adalah polyester. “Ini dari Superbike dan Supersport tingkat dunia. Serat polyester sangat tipis. Tetap ampuh menyerap kotoran dan lancar jaya mengalirkan udara sama baiknya. Kebetulan saya pakai ini di motor balap dan harian,” kata Angga Kurniawan, owner tim dan bengkel AR-1 Anjany Racing, di Jakarta. Tentu saja sambil berpromosi.

Bahan polyester beredar di Indonesia  mereknya Sprint Filter. Produk buatan Italia, namun terkenal di mana-mana. Pori-pori dari serat polyester hitungannya menggunakan mikron. Ukuran untuk partikel terkecil di dunia. Logikanya udara tidak tersumbat oleh kotoran. Cocok di motor Injeksi. Mudah dalam menentukan Air Flow Ratio (AFR), yang disetel lewat ECU. Satu lagi soal perawatannya, cukup dibilas dengan bensin dan disemprot angin kompresor. Beres deh.

Di bawahnya bahan katun, yang bahan dasarnya dari kapas. Kemudian dirajut menggunakan benang. Paling canggih labelnya K&N buatan  Amerika dan populer sejak 1990-an di sini. Tapi hati-hati banyak palsunya. Kerjanya dengan polyester kurang lebih sama, hanya saja akan maksimal mengalirakan udara dengan perawatan ekstra. Maksudnya K&N bisa dibeli berikut recharger atau cairan pembersihnya, itu yang asli bro.

Dua merek di atas jaminan kualitas dengan harga Rp 750 ribu untuk K&N, Sprint Filter Rp. 1 Juta. “Ada lagi merek lokal, namanya Ferrox dengan bahan stainless steel, anti karat. Harga Rp. 650 ribu,” bilang Steven Layz, tetangga Anjany dari Layz Motor.

Kawat stainless ini elastis. Tetap menambah tenaga tetapi tidak signifikan seperti dua merek sebelumnya. Hanya saja filter ini lebih tahan lama. Maksudnya awet tidak mudah rusak karena dari kawat tadi. Tidak butuh cairan pembersih seperti bensin, langsung sempit sejadi-jadinya. Pas dengan kondisi negara kita yang ekonomis.

Di bawahnya lagi, tentu saja masih banyak. Ya untuk standar motor masing-masing dengan berbagai aftermarketnya. Harganya tentu nggak semahal yang disebut duluan. Bahkan TDR juga memproduksinya yang bisa dicuci. Beda dengan standar, kena air hancur. Pokoknya cantik-cantiklah. MM

BACA JUGA

Tips Motor; Kampas Rem Digerinda Anti Seret, Ilmu Balap!

Tips Motor; Ganti Ban Dalam Vario CBS PGM-FI Sendiri, ‘Obat’ Turun Kolestrol!

Tips Motor: Tiga Cara Setting Kopling Kawasaki Ninja 150 2-Tak..!

Tips Motor: Pasang Hand Grip Benar Pakai Pasir, Bukan Oli

TIPS Motor; Keuntungan Service Rutin Motor

 

 

BAGIKAN