nhk

Tips Motor; Cara Poles Bak Mesin Mengilap, Bisa Ngaca Juga..!

ManiakMotor – Kalau namanya sudah poles-poles, yang pasti tujuannya agar motor  berkilau. Poles bodi telah dibahas pada tulisan sebelumnya. Satnya membahas poles bagian luar mesin sampai bak mesin dan pokoknya metal agar sama kinclong dengan bodi.

Ini caranya agar sistematis dan tidak melelahkan dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pertama yang pasti dibersihkan dulu bagian yang mau dipoles. Terserah dibersihkan dengan air bersabun juga bisa, pakai bensin sembari dikuas, juga boleh.  “Sasaran poles utamakan bagian yang besar dulu, dilanjutkan ke bagian yang lebih detil lagi pada celah-celahnya,” ucap Kopral, juru poles dibengkel Fortune 99, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Lanjut digosok menggunakan sikat kawat bulat dibantu dengan bor listrik. Fungsi digosok untuk menghilangkan kulit jeruk pada bagian luar mesin. Selanjutnya, diampelas kasar dengan nomor 400 agar sisa kulit jeruknya terangkat. Gosok terus sampai rata sekali  ke celah-celah yang sulit dijangkau. 

Setelah proses itu, sama ‘repot-nya’ menggunakan ampelas halus nomor 1000. Jangan lupa juga sampai ke bagian-bagian kecil, yang dimulai dari bagian besar tadi.  “Menggunakan ampelas halus agar yang kasar-kasar bekas sikat kawat dan ampelas 400 bisa hilang dan rata,” tambah Kopral yang tidak pernah masuk tentara, tapi potongannya macam ABRI.

Untuk memaksimalkan hasil akhir, lanjut dipoles dengan autosol pakai kain halus hingga rata dan lakukan berulang-ulang. Saat memoles menggunakan autosol harus diperhatikan detilnya untuk hasil yang memuaskan. Intinya, poles cara ini berbeda dengan krom. Kalau krom seperti dibuat-buat kinclongnya, yang ini natural. Kalau mau dipoles dan tinggal lihat hasilnya hubungi saja si Kopral, di nomornya 085778690671. Bilang aja tau dari maniakmotor.com. Gib

BACA JUGA

Tips Motor; Bikin Kiclong Bodi Sampai Bisa Ngaca

Tips Motor; Setel Klep Matic/Matik, Jangan Asal-Asalan, Kompresi Bocor!

Tips Motor; Jangan Bingung Melepas Tutup Aki Vario Tekno 125

Tips Motor; Modal Ban Dalam, Tetap Nyaman

Tips Motor; Thai Look, Taiwan Look, Cina Look dan Indonesia Look, Boleh Dicicil

BAGIKAN