nhk

Tips Motor; Cara Sederhana Deteksi Kompresi Melemah, Nggak Pakai Bongkar

 

 

ManiakMotor – Tak perlu bongkar-bongkar mesin untuk mendeteksi kompresi motor sampeyan yang sudah mengendur atau lemah. Problem ini menghinggapi motor yang usianya di atas 3 tahun atau cara perawatan yang asalan. Usia yang telah dipatok pabrik mulai melemahnya onderdil jaminan mereka. 

Gejala mudahnya tentu pada tarikan motor. Reaksi selongsong gas dan mesih sudah tak sinkron. Dulu, digas sikit sudah ngibrit, sekarang harus digas dalam-dalam baru bisa lari. Suara juga tak sebulat awalnya. Tentu saja bensin boros dengan sendirinya.

“Gejala ini mungkin terlalu umum. Maksudnya sulit menentukkan, apa betul itu soal gejala kompresi. Sebab gejala seperti itu sama dengan ausnya kampas kopling, hampir sama,” bilang Kampret alias Hardi, mekanik harian di Radio Dalam, Jakarta Selatan.   

Makanya, ia bilang ada lebih sederhana lagi mendeteksinya. Dengar baik-baik,  gejalanya saat menghidupkan motor di pagi hari atau lama didiamkan. Bila kompresi masih ketat atau utuh, sekali tombol starter elektrik dipencet motor akan bruuuum, hidup. Starter kaki ditendang pelan-pelan pun, motor dengan mudah hidup. Sebab uap bahan bakar masih kuat digencet kompresi membuatnya mudah meledak.

Sebaliknya, walau sudah ditendang-tendang dan dipencet-pencet tak kunjung menyala, “Nah itu tanda kompresi sudah lemah. Pemampatan bahan bakar sudah tak ketat, bahan bakar akan sulit pecah dan tidak mudah juga dipercik api busi. Pada umumnya akibat melemahnya ring piston atau sudah waktunya over-size. Bisa juga paking dan klep bocor,” tambah Kampret yang dulu mekanik Honda Banten, tapi sekarang membesarkan bengkel hariannya.

Tuh, kan tak perlu bongkar motor, tapi saat benarinnya harus dibongkar bro. MM

BACA JUGA

Tips Motor; Merawat-Mencegah Sederhana Kenalpot-Knalpot Racing Harian Tetap Joss

Tips Motor; Karburator PE Vs PWK Untuk Liaran Dan Drag Bike

Tips Motor; Cek Busi Injeksi, Waspadalah Kebakaran

Tips Motor; Pasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z1

Tips Motor; Piston ‘Dome’ Jenong Dari Las Argon, Murah Kencang!

 

 

BAGIKAN