nhk

Tips Motor: Cara Sederhana Ganti Roller CVT Honda Beat

 

ManiakMotor – Roller pulli CVT pada Honda Beat yang minta ganti atau aus sudah pasti punya tanda-tanda. Tanda-tandanya selalu dari tarikan, motor sudah dibetot gasnya namun lari di tempat. Saat lari pun seperti mengayun-ayun putaran mesinnya. Nah itu tanda roller sudah aus, tapi ausnya tidak rata.

Sebenarnya mengganti roller hanya tips ringan karena berkaitan dengan suku cadang fast moving alias cepat diganti. Buat yang punya pengalaman pegang kunci-kunci juga bisa mengganti sendiri di rumah.     Malah kalau dicermati hanya butuh kunci sok 22 dan kunci T8. Ya bila nggak ada boleh pinjam tetangga.

Ayo langsung kerja dan cari keringat. Buka baut pengikat bak CVT dengan kunci 8 (gbr-1), ini mah mudah yang penting dibuka secara rata bautnya. Bila sudah tarik baknya dengan hati-hati dan cermat (gbr-2). Lanjutkan membuka gir starter agar mudah mencabut pulinya (gbr-3).

Gunakan kunci sok 22 untuk membuka mur puli  yang besar itu, kan ukuran 22 termasuk besar bro. “Khusus untuk puli bagian belakang diganjal menggunakan baut yang panjang  5-7 cm atau bos baut, agar puli tidak ikut berputar saat dibuka (gbr-4). Sebaiknya pengganjal ini atas bawah ujungnya dilapisi kain, agar aman. Tapi yang di foto malah nggak diberi kain, ah macam mana nih reporter,” kritik Wahyu, pebengkel di Jalan Raya Cinere, Depok saat diminta tooolung untuk peragaannya.

Setelah membuka mur puli bagian depan, tiggal lepas pulinya dan venbelt dengan menggunakan tangan (gbr-5). Setelah puli dan sabuk CVT terlepas, tinggal cabut umah roller. Juga buka penutup rumah roller. Kalau penutupnya nggak dibuka nggak bakal bisa diganti rollernya. Nih seperti ini kalau tutupnya sudah dibuka (gbr-6).  

Selanjutntnya tinggal ganti roller dengan yang baru. Belilah roller asli Beat, ganti semuanya atau 6 bijinya biar maksimal sebaiknya. Roller dijual sekitar Rp 30 – 60 ribu/set. Harga tergantung merek, semakin mahal kian bagus, duit nggak bohong.

Eeeeit sebelumnya di portal ini pernah bikin tulisan soal ganti roller Beat. Saat itu mengulas soal banyaknya roller di pasaran. Kadang kala saat diganti baru malah motor nggak lari. Nah silakan buka link ini: atau klik link di bawah yang ada hubungan dengan tulisan ganti roller, pasti sampeyan ngerti. Rzk

BACA JUGA

Ganti Roller Honda Beat, Perhatikan Ketebalannya..!!

 

BAGIKAN