nhk

Tips Motor: Cara Sederhana Sekali Lepas Stiker, Usir Bekas Lem Dan Belangnya

 

 

ManiakMotor- Cara melepas stiker pada bodi motor kadang asyik-asyik saja dan kadang menyebalkan. Ayik kalau sudah tahu triknya. Makin asyik bila perekat stiker mudah dilepas. Akan sebal, saat dilepas malah membuat cat tergores-gores. Bekas stiker pun meninggalkan lem kimianya dan belang karena kelamaan distiker.

Stiker dilepas kan macam-macam tujaunnya, ada yang bosan ada pula yang diganti dengan striping yang lebih segar dan up to date. Nah ketika melepas atau mengupasnya kerap kali kesulitan. “Dari cara melepasnya dulu. Macam-macam sesuai kualitas perekatnya. Makanya butuh dipanaskan lebih dulu,” buka Riko, salah satu tukang cutting setiker di Pondok Kacang, Tanggerang Selatan.

Buat stiker yang ditempel sendiri memang cukup dengan hair dryer (pengering rambut). Tujuannya saat kena panas cairan kimia pada lem akan meleleh sehingga stiker mudah dilepas. Tetapi stiker atau striping asli pabrik, pengiring rambut sudah nggak mempan. Ada cara lain dengan dibakar korek api, soal ini maniakmotor.com pernah bikin tipsnya. Coba buka ini; Tips Motor; Melepas Striping/Stiker Pabrik Dengan Cerdik.

Tujuan pemanasan ini juga untuk meminimalkan stiker meninggalkan bekas lem. Di saat sama boleh juga diolesi  minyak kayu putih. Bukannya itu stiker masuk angin, tapi unsur kimia pada minyak kayu putih untuk melemahkan daya rekat lem. “Baru deh setelah dipanaskan atau dibakar dikupas menggunakan ujung kuku. Pokoknya mengupasnya  jangan pakai benda tajam seperti silet atau semacammnya bisa menggores cat,” tambah Riko.

Biasanya akan meninggalkan bekas lem yang melekat pada bodi, nah cara menanganinya mudah. Gunakan cairan poles bodi ke bekas lem setiker. Bisa juga pakai minyak tanah, kalau masih dijual. Tunggu beberapa saat kemudian dilap menggunakan handuk. Kenapa pakai handuk, bukan karena habis mandi, tapi handuk punya serat halus yang bisa membawa bekas lem.

“Boleh juga pakai WD 40 karena cairan tersebut mengandung minyak. Jadi pelapis cat aman. Setelah itu gunakan kit bodi motor setelah itu untuk menghilangkan belang bekas stiker yang sudah lama menempel. Ulangi lagi polesannya dengan gerakan memutar,” pungkas Riko. 

Makasih tipsnya. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor; Melepas Striping/Stiker Pabrik Dengan Cerdik

Stiker Water Print: Media Memasangnya Pakai Air, Tampilan Keren

Stiker Bodi Motor, Striping Thailand

Modifikasi Kawasaki New Ninja 250 2013 (Jakarta), Stiker Dan Aksesoris Seharga Motornya

Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Ninja Stiker 900 ribu

BAGIKAN