nhk

Tips Motor; Cek Busi Injeksi, Waspadalah Kebakaran

 

 

ManiakMotor Sengaja judulnya waspadalah, karena bisa kebakaran bro. Misalnya ritual wajib pada perawatan motor adalah cek kondis busi. Ya, kalo sekadar itu sih brosit juga bisa kali. Gampang! Termasuk juga cek kondisi busi pada motor beteknologi injeksi. 

”Prinsipnya sih sama, cuma ada perlakuan khusus. Yakni harus menutup lubang busi dengan busi lain.  Tujuannya agar bahan bakar yang disemprotkan tidak ikut keluar dan bersinggungan dengan percikan api dari busi,” buka Ariyanto, kepala mekanik Shinta Motor, Banjarnegara yang memang paham tentang injeksi. Tuh kan, bisa kebakaran coy. 

Jadi ketika busi aslinya sudah dilepas, sebaiknya businya ditutup. Menutup lubang busi dengan kain bersih juga bagian dari pencegahan dari benda asing yang masuk. Itu yang ditutup kain. Bila sembari menstarternya, ah sebaiknya ditutup dengan busi yang sama yang bekas. Apalagi semberi mengencek apinya juga. 

Secara teknis dijelaskan,  lantaran pada motor injeksi pemasukan bahan bakar tidak lagi berdasarkan kevakuman  ruang bakar, tapi bahan bakar masuk ke ruang bakar berdasarkan semprotan dari injector.  Jadi meskipun tidak ada kevakuman di ruang bakar bahan bakar akan tetap mengalir,” jelas Ari yang dibenarkan oleh Didi Wahyudi dari Training Centre Honda Sales Operation (HSO) Semarang. 

Wah, yang menjadi masalah jika saat mengecek busi motor injeksi dan di situ ada juga bahan bakar dari ruang bakar. Intinya, waspadalah api. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Pasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z1

Tips Motor; Piston ‘Dome’ Jenong Dari Las Argon, Murah Kencang!

Tips Motor; Trik Cat Tetap Oke, Karat Ogah Mampir, Musim Hujan

Tips Motor; Olahraga Mesin, Tenaga Naik 10-20%

Tips Motor; Bikin CDI Jadi Jos, Tak Lebih RP 12.000

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353