nhk

Tips Motor; Cek Kebocoran Klep, Pakai Kompresor!

 

 

 

ManiakMotor – Tips ini bisa jadi brosist udah paham duluan, tapi tak ada salahnya dibagikan kembali yang belum paham. Khususnya buat para ‘maniak motor’ kategori pemula, mudah-mudahan jadi tambahan ilmu. Begini, tahu kan katup, klep atau valve bro? Itu lho komponen motor 4-tak yang berfungsi mengatur sirkulasi keluar masuk campuran bahan bakar dan udara juga gas sisa pembakaran.  

Nah, katup itu mesti rapat,  jadi saat campuran bahan bakar dan udara dikompresikan di ruang bakar, harusnya tidak ada yang bocor sekecil apa pun di situ. Tapi toh yang namanya komponen, seiiring pemakaian juga akan aus, “Bila sudah begitu, biasanya katup di skur atau diskir ulang. Habis itu, harus dicek lagi apakah benar-benar rapat atau masih ada yang bocor,” buka Syahrul Salam, ST, guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng. 

Caranya gimna Pak guru? “Pakai cairan bensin yang dituang pada ruang bakar, sebelumnya pasang seperti aslinya katup yang sudah diskur tadi pada kepala silinder. Habis itu kepala silinder dibalik, dan cairan bensin tadi dituangkan di ruang bakar, lalu semprot bagian bawah katup pakai angin bertekanan (kompresor),” jelas peggemar berat Valentino Rossi itu. 

Jika dari celah antara katup dengan dudukannya (sitting) pada kepala silinder terdapat gelembung-gelembung halus saat ditiup, bisa dipastikan skur yang dilakukan berlum berhasil. Tandanya harus diratakan ulang dengan alat skur sampai gelembung ini hilang.

Nah itu yang diskir atau diskur. Untuk sehari-hari sampeyan juga bisa mendeteksi klep yang bocor. Terutama dari ruang bakar yang businya basah melulu dan hitam pekat. Tarikan motor juga loyo, lantaran kompresinya ikut bocor. Beda bila sil klep yang bocor, itu olinya juga bocor alias berkurang dan knalpot berasap. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Per Klep Korek Harian Modal Rp 15.000

Tips Motor: Kompresi Honda New Megapro/Verza Pakai Piston Thunder, Pas Untuk Pelajar

Tips Motor; Pilih Pentil Tubless Dari FDR

Tips Motor: Uji Daya Tekan Dan Ketahanan Per Klep, Nih Caranya.. !

 

 

 

BAGIKAN