nhk

Tips Motor: Cek Kondisi Elektrik Starter Honda CS1

 


ManiakMotor Elektrik starter bila masalah, asalkan kick starter masih oke, no problem! Tapi tidak bagi Sutikno, penyemplak Honda CS1 2008 itu, mesti hanya pelengkap wajib berfungsi karena memang untuk memudahkan. “Kan dipakai istri juga, dia maunya yang praktis,” kata ayah dua anak yang wiraswasta itu.

Oleh Edi Santausa, mekanik dari Shan Motor Sport (SMS) Banjarnegara, langsung dideteksi. “Umumnya disebabkan suplai energi listrik dari baterai (aki) kurang, padahal motor starter (dinamo starter) komponen supali listrik paling besar dibandingkan yang lain,” kata Edi seraya mengajak mengecek langsung voltase akinya. Ternyata alat ukurnya terbaca 9,1 volt, itu cukup  untuk menghidupkan motor starter. Kondisi kedua terminal aki pun masih bagus.

Pengecekan berlanjut ke tombol starter. Katanya bila sering digunakan, terutama motor-motor yang berumur, kontaknya dari tembaga akan oblak. “Atau bisa pula pegas pembaliknya lemah. Kalau sudah begini,  unit switch assy handle  harus diganti,” lanjut Edi sambil memastikan kondisi tombol starternya masih oke-oke saja tuh.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Kecurigaan mulai terdeteksi ketika melihat borstel (brush) atau arang. Selain aus atau menipis, kondisi dudukannya pun bekas dilem. Jika aus itu tandanya motor sudah berjasa pada pemiliknya, hehehe. Kan digunakan terus starternya. Selama starter dihidupkan, komponen selalu bergesek dengan komutator (rotor) starter. Sudah lumayan sejak 2008 belum pernah ganti. Ya sekarang harus diganti.

Penyebab lain motor starter rusak, terdapat kotoran di komutator. Kotoran tersebut berasal dari uap oli merembes melalui celah “bearing” motor starter. Untuk mengurangi akumulasi kotoran uap oli, gunakanlah oli sesuai dengan standar tekanan yang telah ditentukan pabrik. Tidak boleh lebih. Kalau lebih menyebabkan tekanan uap oli saat mesin bekerja tinggi dan jumlah yang akan merembes ke motor starter makin banyak.

Oh ya, untuk mengganti borstel (brus) tidaklah terlalu sulit, apalagi kalo diserahkan ke mekanik ahli. Si ahli pun langsung lari ke tukang dinamo yang lebih ahli lagi soal yang dinamo. “Untuk motor ini sedikit beda,  dudukan buat pegangan sikatnya patah, jadi harus menggesernya dan harus nyambung kawat, lantaran posisi menjadi lebih jauh,” tutup Edi sambil membuktikan kalo memang elektrik starternya bisa normal kembali.

Oke bro! Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Rebus Aki Jadi ‘Awet Muda’

Tips Motor; Paking Kertas Imitasi, Mesin Rontok..!

Tips Motor Korek Harian; Trik Karburator Diameter Gede Ngook..!

Tips Motor; Velg – Pelek Matik 1.40/17 Inci Dan Ban 215, Enteng Dan Gaya..?



BAGIKAN